Lima Fotografer Perempuan Indonesia Yang Menginspirasi

    0
    1252

    Kesenangan yang dihasilkan saat menghasilkan karya lewat jepretan kamera kini menjadi hobi banyak orang. Mengabadikan momen dengan cahaya dan kamera membuat kegiatan ini lebih dari sekedar hobi. Di Indonesia sendiri, kini pekerja kreatif seperti fotografer kian diperhitungkan keeksisannya.

    Saat berbicara mengenai profesi fotografer professional di Indonesia, tentu secara kasat mata bisa dilihat bahwa para pria lebih mendominasi bidang ini ketimbang para fotografer perempuan. Namun, bukan berarti menjadi seorang fotografer perempuan adalah hal yang mustahil di tanah air. Buktunya saja, makin kesini makin banyak juga para fotografer perempuan yang berani terjun menjadi seorang fotografer professional.

     

    Simak fotografer-fotografer perempuan asal Indonesia yang sudah diakui kreatifitasnya:

    Nicoline Patricia Malina

    Foto diambil dari akun Instagram @npmphoto

    Sebagai seorang yang mendalami fotografer, tentu kenal siapa Nicoline ini. Fotografer perempuan yang cantik ini memiliki karakter yang kuat dalam tiap-tiap fotonya. Hingga saat ini, Nicoline terus mendalami genre fashion photography sejak tahun 2006. Dahulunya, Nicoline adalah seorang model yang haus pengetahuan tentang profesi dibalik kamera, lihat dirinya sekarang sudah menjadi fotografer fashion dengan karakternya sendiri.

    Carol Kuntjoro

    Foto diambil dari akun Instagram @carolkuntjoro

    Dalam bio instagramnya, Carol menulis dirinya adalah seorang romance observer. How poetic is that? Sebagai seorang wedding photographer, tentu sangat penting untuk bisa memahami chemistry dari para pasangan yang dipotret. Sesuai dengan jati dirinya, hasil karya Carol selalu menampilkan sebuah keintiman para pasangan yang sedang dimabuk cinta. Dalam tiap jepretannya, Carol bercerita dengan mood yang dikeluarkan oleh pasangannya, itulah yang menjadikan foto-foto perempuan ini unik dan bernyawa. Selain menggunakan mirrorless, Carol juga sering sekali menunjukkan hasil potretnya yang menggunakan kamera film.

    Martha Suherman

    Foto diambil dari akun Instagram @marthasuherman.captures

    Fotografer perempuan yang menjadi sebuah brand ambassador sebuah merk kamera ternama di dunia ini memiliki kualitasnya untuk bisa bersanding di kumpulan ambassador pria lainnya. Bukan hanya seorang fotografer cantik, tetapi Martha juga tangguh dan konsisten dalam menghasilkan karya yang strong serta dinamis. Ada banyak karya dari Martha yang mengguncang dunia fotografi Indonesia, seperti foto-foto pemandangannya serta teknik stroboskopik yang ia gunakan untuk menggambarkan kekayaan budaya Indonesia dalam bentuk tarian.

    Nyimas Laula

    Foto diambil dari akun Instagram @nyimaslaula

    Berbeda dengan cerita fotografer-fotografer perempuan di atas, Nyimas adalah seorang fotografer yang sering menghasilkan karya dengan isu kemanusiaan serta lingkungan. Menariknya lagi, fotografer cantik ini menghasilkan karya-karya foto yang diterbitkan oleh banyak media massa internasional. Kepekaan Nyimas dalam mengangkat topik dokumenter menjadi kekuatan utamanya sebagai seorang fotografer. Salah satu prestasinya yang membanggakan Indonesia adalah menjadi penerima beasiswa lokakarya Magnum Photos di Bangkok.

    Rittar Rajagukguk

    Foto diambil dari akun Instagram @rittarrajagukguk

    Fotografer perempuan yang satu ini hidupnya selalu dikelilingi bayi-bayi mungil nan lucu. Spesialisasinya dalam mengambil foto bayi-bayi dengan dekorasi yang imut membuat nama Rittar terkenal di Indonesia. Perempuan cantik ini selalu menghasilkan foto-foto bayi yang tidak hanya menggemaskan namun juga unik dan personal. Dalam setiap jepretannya, Rittar bisa mengarahkan gaya bayi-bayi tersebut lembut dan lucu lo.

    Dari kelima fotografer perempuan ini mana yang mejadi inspirasimu? Setiap dari mereka memiliki karakter karyanya masing-masing, dan membuktikan bahwa imajinasi perempuan pun juga indah dan berkarakter. Fotografi merupakan sebuah wadah berkarya siapa saja dalam menumpahkan imajinasi yang ada di kepalanya.

    KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI