• Home

Jualan Online? Yuk Foto Produk Bermodalkan Handphone

Foto produk menjadi salah satu daya tarik utamanya untuk mulai berjualan online. Jika kamu punya bisnis online shop, memajang foto produk yang eye catching wajib hukumnya untuk membuat daya tarik tersendiri.

Tapi sangat disayangkan, banyak penjual online yang belum paham betul tentang cara mengambil foto untuk produk jualan kamu yang baik dan menarik. Sehingga mereka akan menyerahkan pekerjaan ini pada fotografer profesional.

Dengan fotografer kita akan mengeluarkan biaya lebih pastinya. Alangkah baiknya apabila kita melakukan sendiri dengan bermodalkan handphone yang sobat miliki.

Baca Juga : 4 Jenis Mirrorless Untuk Pemula

Nah, Sobat infoto perlu tau tips bagaimana cara foto produk dengan bermodalkan kamera Handphone yang Sobat miliki. Agar tampak berkelas dan tentunya bikin lapak jualan online-mu laris manis diburu pembeli. Yuk simak pembahasan dibawa ini!

  • Siapkan dulu background fotonya, minimalisir pengeluaranmu dengan membuat Light Box.
foto produk

Sebaiknya gunakan background foto yang polos dan berwarna netral seperti putih. Kelebihan dari warna putih yaitu akan menonjolkan sisi detail dan memberi kesan cerah dari produk. Tambahkan kertas di sisi foto sebagai cahaya tambahan untuk menerangi bagian gelap dari produk agar nggak berbayang.

Buatmu yang baru memulai jualan online,untuk produk yang berupa make up atau barang kecil-kecil lainnya, nggak perlu repot-repot menyewa studio foto. Mending bikin sendiri studio mini di rumah dengan peralatan sederhana. Dengan sedikit ongkos yang perlu sobat keluarkan.

Namun jika terpaksa harus mengambil foto di dalam ruangan, usahakan untuk mencari ruangan yang terpapar cahaya matahari. Jika dirasa masih kurang, nggak ada salahnya kamu menggunakan lampu tambahan.

Baca Juga : Video Produk Wadah untuk Promosi

  • Pencahayaan harus cukup terang, lebih baik kamu mengambil foto secara outdoor karena cahaya alami dari matahari menghasilkan foto yang lebih bagus.
foto produk

Pencahayaan menjadi penentu utama bagus atau nggaknya hasil foto produk jualan yang kamu ambil. Karena kamera HP nggak se-sensitif kamera DSLR. Maka harus ada cahaya yang cukup terang saat akan memfoto objek.

Nah, untuk hasil foto yang maksimal, lebih baik gunakan pencahayaan alami, bisa dari arah jendela atau pintu yang terbuka. lakukan saat posisi matahari nggak terlalu tinggi, yaitu sekitar jam 8-9 pagi atau jam 4-5 sore.

  • Hindari melakukan zoom atau perbesaran pada kamera HP karena akan menurunkan kualitas foto produkmu, lebih baik dekati saja objeknya
foto produk

Usahakan agar kamu memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Perbesaran ini akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan dan membuat foto menjadi nggak tajam.

Zoom sangat mempengaruhi foto jualan onlinemu. Kalian harus tahu, apabila foto detail yang berhubungan dengan pakaian atau barang lainnya, kalian bisa lakukan tanpa zoom in. cukup didekatkan saja kamera dengan  barangnya.

Baca Juga : Deretan Lensa Bokeh Murah Meriah Dengan Hasil Bening

  • Percantik fotomu dengan fitur edit foto yang tersedia di HP-mu. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan karena justru akan membuat foto produk terlihat palsu
foto produk

Salah satu cara mudah untuk mempercantik hasil foto produk adalah dengan menggunakan aplikasi pendukung untuk mengedit foto. Memang nggak ada salahnya kamu menambahkan filters tertentu pada foto produk, asal jangan berlebihan. Editlah dengan tujuan utama untuk memperkuat kesan foto, bukan untuk menghiasnya atau memanipulasi keadaan sesungguhnya.

Kamu cukup mengedit seperlunya saja seperti halnya, menaikan contrast dan brightness foto. Penggunaan efek yang terlalu berlebihan hanya akan membuat foto produk kmu terlihat palsu dan membuat produk asli yang diterima pembeli nantinya berbeda jauh dengan produk yang terlihat pada foto. Menghindari pembelimu kecewa gaes!

Discover

Sponsor

Latest

Peran Tripod dalam Fotografi

Fotografi Pemula - Apakah Sobat memiliki Tripod? Apakah Sobat sering menggunakannya? Dilingkungan kami memotret banyak fotografer digital yang mampu meningkatkan hasil foto mereka, dengan...

Kamera Mirrorless Kedua Nikon Z6 telah Diluncurkan!

Setelah sekian lamanya kita menunggu, akhirnya kamera mirrorless milik Nikon diluncurkan juga! Pada tanggal 16 November 2018 lalu, Nikon meluncurkan kamera mirrorless bernama Z6....

Memilih Pengaturan ISO

Belajar Fotografi - Ketika mempelajari tentang konsep 'Exposure Triangle' atau yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan segitiga eksposure, mungkin Sobat pernah bertanya 'Berapa nilai ISO...

Kameraku Sahabat Terbaikku

Tips Fotografi - Jika Sobat sekarang hanya memperlakukan kamera kalian hanya sebatas alat, maka sekaranglah saatnya! Jangan hanya sekedar mengenal bagaimana mengoperasikan kamera tapi...

Jualan Online? Yuk Foto Produk Bermodalkan Handphone

Foto produk menjadi salah satu daya tarik utamanya untuk mulai berjualan online. Jika kamu punya bisnis online shop, memajang foto produk yang eye catching wajib...