Tahun 2018 ini banyak diisi dengan acara-acara olahraga besar ya, mulai dari Piala Dunia, Asian Games, dan yang paling dekat saat ini adalah Asian Para Games. Pasti banyak dari kalian yang kepo dengan fotografi olahraga yang banyak dijadikan headline berita, apalagi tentu enggak sedikit juga kan para fotografer official yang wara-wiri di layar kaca saat pertandingan berlangsung. Terkadang ada yang membawa lensa yang besarnya sampai sebesar lengan, tapi terkadang ada juga yang membawa peralatan yang biasa.

Nah, biar rasa ingin tahu kalian terobati, disini bakalan membahas seputar fotografi olahraga sekaligus cara jitu mengambil foto pertandingan yang ciamik. Yang pasti kalian bisa memulai belajar mengambil fotografi olahraga dengan kamera apa saja, mau kamera dslr, mirrorless, bahkan kamera handphone.

Yang pasti kalian sudah harus memahami cara-cara menaklukan cahaya dengan kamera sesuai pakem yang ada.

Selanjutnya, simak tips berikut agar fotografi olahraga kalian meningkat:

Pahami Aturan Permainan

Sebagus apapun kamera kalian apabila kalian tidak mengerti olahraga yang kalian potret, maka bisa dipastikan hasilnya akan tidak maksimal. Memahami sebuah alur permainan suatu olahraga, aturan, bahkan istilah-istilahnya akan membantu kalian untuk menangkap momen yang tepat dalam sebuah pertandingan.

Burst Mode

Persiapkan shutter kalian karena untuk menangkap sebuah momen bergerak akan lebih menguntungkan untuk bersiap dengan mode burst. Dari beberapa jepretan tentu kalian bisa mendapatkan satu momen jepretan yang sesuai dengan keinginan kalian dan bercerita. Tentu tidak semua momen perlu kalian jepret dengan mode ini, karena tidak baik juga untuk kesehatan kamera kalian.

Storytelling

Dalam setiap pertandingan tentu aka nada ceritanya sendiri. Nah, sebagai seorang fotografer, kalian harus bisa mendapatkan esens dari ‘cerita’ pertandingan hari itu. Mendapatkan sebuah foto yang bercerita tentu impian bagi segala fotografer. Khususnya lagi, di fotografi olahraga sering-sering lah untuk mengambil wajah dari para atlet-atlet tersebut.

Be Focus

Jangan lengah pada setiap pertandingan, bahkan sampai peluit terakhir berbunyi. Tetaplah fokus untuk mengambil momen-momen saat pertandingan berakhir. Untuk mendapatkan gambar yang tidak biasa, kalian juga harus bisa fokus dan berpikir yang out of the box dalam mengambil angle jepretan kalian. Sebisa mungkin untuk menjauhi kerumunan penonton, karena orang-orang lebih ingin melihat foto yang memiliki angle tidak biasa.

Untuk mengambil sebuah foto dari sebuah pertandingan olahraga memang memiliki triknya sendiri dibandingkan genre fotografi lainnya. Kewaspadaan yang harus terus dipupuk menjadikan kalian untuk meminimalisir melihat hasil jepretan kalian. Maka dari itu, mengambil lebih dari satu jepretan dari sebuah momen olahraga akan sangat membantu kalian di saat proses editingnya.

Nah, apakah kalian sudah tertantang untuk terjun ke dalam fotografi olahraga?