Storytelling Dalam Sebuah Foto Makanan Yang Menarik

0
825

Tren foto makanan yang menarik memang sedang di atas angin. Siapa saja kini bisa memotret makanan karena handphone maupun kamera makin canggih dan mudah digunakan. Lantas, bagaimana menafsirkan sebuah foto makanan yang menarik? Kebetulan kali ini ada empu dari seorang fotografer makanan asal Surabaya, siapa lagi kalau bukan Inijie?

Jiewa Vieri, atau yang biasa disebut dengan nama Inijie ini sudah menekuni genre foto makanan ini sekian lama. Tentu, ada banyak rahasia tips and trick memotret makanan agar hasilnya makin menggugah selera.

Baca Juga : Komposisi Foto Terhits Agar Jepretanmu Makin Instagrammable

Selain membutuhkan teknik fotografi yang cukup seperti pencahayaan, ISO, diagframa dan lain-lain, ternyata masih ada banyak aspek yang diperlukan untuk menciptakan foto sebuah makanan yang bikin perut krucuk-krucuk. Apakah itu?

Sebuah cerita! Enough said.

Jadi, storytelling itu bisa menjadi bumbu-bumbu MSG yang menarik untuk sebuah foto makanan. Dengan adanya storytelling, makanan yang kalian jepret itu bisa mendapatkan nilai plus bagi siapa saja yang melihatnya.

Nah, gimana sih cara yang tepat untuk mendapatkan storytelling yang menarik?

Build A Story

Menunggu sebuah cerita? Enggak juga, mending kita buat ceritanya sendiri. Salah satu alasan mengapa foto flatlay sangat digemari banyak muda-mudi adalah storytelling yang disispkan dalam foto tersebut. Tentu menata makanan plus propertinya bukan hal yang gampang, buth banyak latihan juga lo.

Perfect Timing

Pasti semua setuju dong kalau timing yang tepat bakalan ngehasilin jepretan yang menarik?! Begitu juga foto makanan, dengan timing yang tepat tentu hasinya juga akan kece. Contohnya nih ya, memotret lah di saat cahayanya sudah pas, semisal sedang memotret outdoor, maka tunggu lah sampai mataharinya lebih soft. Bisa juga memotret makanan saat teman kalian sedang menggenggam sendok dan garpu, atau saat pelayan sedang membawa makanan kalian.

Catch The Atmosphere

Nah, ini foto makanan doing mau gimana nangkep atmosfir sekitarnya? Tentu aja caranya mudh, kalian bisa memasukkan atmosfir dari kondisi saat kalian makan melalui pencahayaan. Misalnya, cahaya terang layaknya pagi hari memancarkan optimism dan hati yang riang, sedangkan cahaya moody akan memberikan sebuah gambaran suasana tenang, dan cozy.

Baca Juga : 5 Aplikasi Video Editor Smartphone Yang Mudah Digunakan

Nah, sekarang paham banget kan kenapa storytelling itu penting banget buat foto makanan yang menarik?! Karena tanpa storytelling, foto makanan yang kalian tampilkan itu bisa jadi seperti sayur tanpa garam. Secara harafiah lo! Yuk, coba praktekkan tipsnya!

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI