Tips Sukses Memotret Foto Keluarga Yang Anti Garing

0
492

Mengabadikan sebuah momen penting merupakan tujuan utama dari fotografi, salah satunya adalah kekompakan dan kehangatan sebuah keluarga dalam sebuah foto keluarga yang nantinya akan menjadi warisan penting untuk generasi berikutnya. Mungkin, memotret sekelompok orang dalam satu set yang bersamaan bisa dibilang lumayan tricky tapi ada beberapa tips berguna disini yang bisa kalian terapkan loh!

Menangkap sebuah energi positif dari keluarga menjadi hal yang esensial dalam sebuah foto keluarga. Saat kalian bisa mendapatkan energinya, maka foto keluarga yang kalian potret akan terlihat lebih berjiwa.

Baca Juga : Cara Jempol Dari Inijie Untuk Memotret Lowkey Photography

Tidak perlu gugup lagi untuk mendapatkan foto keluarga yang akan dikenang sepanjang masa, simak tipsnya disini:

Bincangkan Tema Yang Ingin Digunakan

Setiap keluarga pasti memiliki hasratnya masing-masing untuk dikenang. Ada yang ingin diabadikan saat sedang berpiknik di lokasi outdoor, ada juga yang ingin diabadikan dalam set studio yang formal. Untuk itu, yang pertama kali harus kalian lakukan adalah menanyakan dan mendiskusikan mengenai tema yang mereka inginkan. Akan lebih baik apabila kalian mampu memberikan referensi lokasi outdoor maupun studio yang menarik dan selaras dengan tema impian mereka.

Pastikan Pencahayaan Sudah Oke

Pencahayaan juga harus kalian perhatikan baik-baik. Memotret sekelompok orang tentu membutuhkan pencahayaan yang cukup agar cahaya tampak jatuh dengan rata di semua orang. Untuk lokasi outdoor, selain bisa menggunakan cahaya matahari, kalian juga bisa menambahkan cahaya tambahan seperti flash agar foto terlihat lebih berdimensi. Untuk lokasi indoor, kalian bisa menggunakan peralatan lighting studio yang sudah tersedia atau membawa lampu LED dan flash sendiri.

Cairkan Suasana Keluarga

Untuk beberapa orang pasti akan terasa canggung saat harus berhadapan dengan kamera. Maka dari itu, buat lah suasananya santai agar ekspresi mereka lebih luwes. Mulailah dengan perkenalan diri, kemudian obrolan-obrolan santai, dan juga bersenda gurau kan sangat membantu kalian untuk bisa menangkap momen tersebut.

Atur Pose Formal Dan Juga Santai

Dengan sekelompok orang tentu mengatur pose mereka menjadi hal yang lumayan rumit. Untuk memudahkan, kalian bisa memulai dengan menata orang tua, seperti ayah dan ibu pada posisi tengah dan diikuti anak-anak di sebelah mereka. Pose pun bisa mengikuti properti di sekitar, misal duduk, berdiri, ataupun bersantai di bawah. Pastikan agar pose-pose tersebut tidak membuat mereka merasa tidak nyaman. Kalian juga bisa mengatur pose santai dengan saling berinteraksi dengan satu sama lain, ataupun poses memandang kamera sambil tertawa.

Tetap Waspada Dengan Momen-Momen Tak Terduga

Jangan lupa untuk tetap siaga dengan kamera kalian, terutama saat keluarga sudah mulai merasa nyaman dan saling berinteraksi dengan satu sama lain. Bisa dipastikan kalian bisa mendapatkan momen-momen hangat dari keluarga tersebut. Tidak menutupi kemungkinan, malah momen seperti itu yang sebenarnya mereka cari.

Baca Juga : Cara Mudah Memotret Foto Dokumentasi Acara Yang Kece

Momen foto keluarga tidak lagi membuat kalian gugup untuk dipotret bukan? Jangan lupa untuk memastikan bahwa pengaturan kamera dan lensa kalian sudah tepat agar pemotretan berjalan mulus. Yuk, abadikan momen keluarga yang akan menjadi kenangan sepanjang masa!

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI