Cara Mudah Memotret Foto Dokumentasi Acara Yang Kece

0
822

Di bulan puasa gini tentu lagi ramai-ramainya tawaran pekerjaan untuk memotret event dokumentasi seperti, berbuka puasa atau pengajian. Tentu menarik kan kalau mendapatkan pundi-pundi tambahan untuk mengisi dompet dari acara tersebut. Nah, jangan galau lagi, langsung saja terima tawaran tersebut! Ada beberapa cara mudah foto dokumentasi acara yang memorable dan juga kece.

Ada banyak kendala yang terkadang tidak sesuai dengan perencanaan awal, maka dari itu terkadang foto dokumentasi ini lumayan bikin sport jantung. Namun, bukan berarti semua tidak bisa diatasi bukan? Kalian tinggal perkaya pengetahuan dan pengalaman kalian agar tidak grogi saat akan memotret foto dokumentasi acara.

Baca Juga : Meraup Keuntungan Dari Hobi Jepret Menjadi Bisnis Fotografi

Yuk, perhatikan tips dan trik mudah untuk foto dokumentasi yang keren:

Siapkan Kamera Dalam Keadaan Prima

Tanpa kamera dalam kondisi yang baik tentu kalian tidak akan merasa aman sepanjang acara. Jadi, jangan lupa untuk mengisi daya baterai hingga penuh serta membawa baterai cadangan plus kartu memori yang cukup untuk memotret keseluruhan acara.

Bawa Perlengkapan Kamera

Yang dimaksud perlengkapan kamera disini adalah printilan penting seperti flash eksternal, lampu LED, trigger, dan masih banyak lagi. Tentu dengan membawa perlengkapan ini, proses memotret kalian akan lebih terbantu dan kalian juga akan kelihatan lebih professional karena memiliki alat yang mumpuni.

Pelajari Lokasi Event

Hal ini merupakan hal yang vital untuk kalian ketahui loh! Penting banget untuk tahu dimana acara akan dilangsungkan, dalam situasi outdoor atau indoor, bagaimana pencahayaan disana, hingga besar kecil ukuran ruangannya. Dari sini kalian bisa mengira-ngira seberapa banyak kru dan alat yang harus kalian bawa.

Perhatikan Rundown Acara

View this post on Instagram

ASYIKNYA RAME-RAME (tulisan Gurunda @oemar_mita di post di sini sebagai pengingat gue pribadi si fakir ilmu) Pada zaman Rasul, para sahabat ketika membersamai beliau maka mereka bukan hanya menikmati jalur keshalehan tapi mereka menikmati proses ikhtiar mereka berkontribusi membantu agama Alloh semerbak diatas muka bumi . Ada yang hanya menyapu, maka dia pun menyapu membersihkan masjid nabawi setiap hari hingga wafat, dan Rasul pun menshalatinya . Ada yang hanya bisa dengan suaranya, maka ia pun mengumandangkan adzan dengan indah memanggil hati untuk berkerumun di masjid . Dan dakwah menjadi alat perekat semua potensi yang ada pada setiap manusia dalam Islam . Dakwah itu harus bercita rasa tinggi serta pula kemasan yang indah karena dakwah itu proses ikhtiar mengetuk hati manusia menuju syurgawi . Kalolah yang bermaksiat saja, mereka totalitas dalam jalur kemaksiatan supaya menarik hati manusia terlebih dakwah yang identitasnya adalah jalan para nabi . Dakwah ini tidak boleh apa adanya dan ala kadarnya, karena ia menyampaikan keindahan Al Quran Sunnah . Dan ia pun harus bersama, karena kebersamaan itu jalan Alloh membersamai mereka yang bersama dalam jalan ini . Tak harus sama baru bersama tapi dakwah itu justru melatih kebersamaan . Terima kasihku Jazakumullah khoiron ku untuk semua komponen yang membantu kajian di JCC bersama musyawarah . Semoga anak cucu kita senang membaca lembaran usaha kita kita untuk berkontribusi pada agama Alloh . Abu Bassam Oemar Mita @felixsiauw @kajianmusawarah @hijrahfest dan jeperetan @sigpras yg kueren kuece badai 😀 . Wardrobe by @waydeemuslim_official

A post shared by Sigit Prasetio (@sigpras) on

Untuk mengetahui alur acara yang hendak kamu potret, tentu kalian harus memiliki rundown acara tersebut. Sebelum acara ada baiknya kalian meminta rundown ke panitia atau penyelenggara acara agar proses memotret kalian lebih tertata dan memastikan tidak akan ada event yang terlewat.

Peka Dengan Sekitar

View this post on Instagram

Joy the party • @alineapict

A post shared by Bastian najich (@bastianajih) on

Walaupun kalian bisa mengikuti alur rundown yang ada, kalian juga harus waspada dan peka terhadap kondisi acara. Kalian bisa menangkap momen-momen tidak terduga yang nantinya akan menjadi momen yang memorable, seperti para peserta yang tepuk tangan, tertawa, dan lain-lain.

Baca Juga : Memotret Bayi Tanpa Panik, Simak Tips Lancar Jaya Disini

Tidak susah bukan memotret sebuah event? Yang terpenting adalah bagaimana kalian menguasai acara maupun peralatan yang kalian miliki. Lalu, jangan lupa untuk terus menjaga hubungan baik dengan para penyelenggara hingga tugas kalian selesai ya.

Udah enggak keder lagi kan buat foto dokumentasi acara? Semangat!

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI