food styling
Instagram @vickyyuwono

Ada sepasang tangan-tangan yang cakap dan detail saat sebuah sesi fotografi makanan dilakukan, yaitu tangan dari para food stylist. Ilmu food styling yang satu ini memang tidak sembarangan dilakukan, karena ada berbaga rahasia yang bisa menjadikan sebuah foto makanan menjadi berkali-kali lipat lebih indah. Ingin kepo lebih jauh dengan apa sih food styling itu?

Dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh UK Petra, perihal food styling ini dikupas lebih banyak bersama salah satu pelakunya, yaitu Vicky Yuwono. Influencer food dan lifestyle dari Surabaya ini sudah banyak melakukan sesi foto yang melibatkan banyak ide kreatif dan menata dengan ilmu food styling.

Baca Juga : Cara Mudah Memotret Foto Dokumentasi Acara Yang Kece

Instagram @vickyyuwono

Ada beberapa hal yang disampaikan Vicky dalam menjalani food styling yang kece, simak disini tipsnya:

Setting Yang Tepat

Poin yang satu in berlaku untuk segala hal mulai dari setting kamera, tempat, lighting, dan lokasi. Pastikan kalian sudah memastikan bahwa semuanya sesuai dengan yang kalian inginkan. Ada jam-jam tertentu yang pas untuk mendapatkan warna cahaya natural yang tepat seperti di jam 12 siang hingga jam empat sore.

Pilih Tema Yang Sesuai

Dengan menentukan tema sebelum sesi foto dilakukan, tentu kalian bisa lebih baik dalam melakukan persiapan untuk properti, hingga color pallete yang sesuai dengan tema tersebut. Misalnya, tema Valentine yang akrab sekali dengan motif hati, serta warna pink, kemudian ada juga tema Natal yang cocok disandingkan dengan Santa Clause, dan juga warna merah.

Percantik Makanan

Nah, untuk sesi yang satu ini kalian bisa menggunakan properti tambahan agar makanan kalian terlihat lebih mouthwatering. Ada berbagai props seperti kentang untuk makanan berkuah, es batu artifisial untuk minuman dingin, sampai gabus atau kardus agar burger terlihat lebih menumpuk tinggi, hingga selai tambahan di sela-sela spiku agar terlihat lebih lezat. Agar styling kalian terlihat lebih sempurna, kalian bisa meminta agar bahan makanan dikirimkan terpisah, jadi kalian bisa menatanya dari awal sendiri.

Baca Juga : Meraup Keuntungan Dari Hobi Jepret Menjadi Bisnis Fotografi

Food styling bisa menjadi faktor yang tinggi untuk menghasilkan foto makanan yang kece banget. Memang tidak semudah bicaranya, food styling membutuhkan ketelatenan dan ketelitian yang tinggi. Perbanyaklah referensi kalian dalam meningkatkan pengetahuan kalian tentang menata makanan.

Yuk, step up your food photography game dengan trik food styling ala Vicky Yuwono!