Berita buruk bagi sobat pengguna Flickr untuk menyimpan foto-foto hasil sobat. Flickr akan membatasi penyimpanan gambar sobat – terutama untuk sobat pengguna akun gratis. Foto yang disimpan dalam akun Flickr sobat akan dibatasi hingga 1000 gambar saja. Nah, untuk penyimpanan hingga 1TB? Wah, sayang sekali, Flickr juga akan mengakhiri storage gratis tersebut, deh.

 

Baca juga : Tips dan Trik Mencari Fokus untuk Foto Landscape

 

Pasti sobat bertanya-tanya mengapa penyimpanan storage yang sampai tak terhingga itu bisa harus terhenti, kan? Nah, Flickr telah dibeli SmugMug, sebuah situs image hosting, image sharing, serta video dimana para pengguna bisa mengunggah foto dan video berbayar. Jadinya, terdapat downgrade yakni dibatasi hingga 1000 gambar.

Flickr Mengakhiri Storage Gratis 1TB dan Batasi Hingga 1000 Foto

Pembatasan ini dimulai dari per 5 Februari 2019 untuk para pengguna gratis. Yah, walaupun mereka memaparkan dalam press release mereka bahwa layanan free itu sebenarnya tidak free untuk pengguna karena mereka harus menggunakan kuota serta waktu mereka untuk mengunggah. Memang sih, server juga nggak murah buat mereka.

 

Baca juga : Tips dan Trik untuk Memotret Kembang Api 

 

Nah, kalau sobat pengguna akun gratis namun telah mengunggah hingga lebih dari 1000 foto maupun video, sobat harus cepat-cepat upgrade ke Pro ataupun unduh semua konten sobat hingga 8 Januari 2019. Selepas itu, pengguna akun gratis dengan lebih dari 1000 foto ataupun video sudah tidak bisa mengunggah lagi. Dan di 5 Februari 2019, para pengguna akun gratis yang melebihi batas 1000 konten, semua konten akan dihapus semuanya dan kembali pada 1000 konten saja. Waduh.

 

Tak hanya itu, Flickr juga memberikan beberapa perubahan dan peningkatan pada layanan Flickr Pro $49.99 per tahunnya dalam beberapa bulan ke depan. Jangan sedih dulu, para pengguna berbayar akan diberikan penyimpanan tak terhingga dan video dalam resolusi penuh, tanpa iklan, dan data tambahan untuk foto-foto yang ditampilkan, layanan customerpremier”, video hingga 10 menit (bukan tiga menit lagi), dan diskon partner untuk Adobe, Smugmug, Peak Design, dan lainnya.

 

Baca juga : Zeiss Meluncurkan Lensa Batis 40mm f/2 untuk Sony FE

 

Bahkan, Flickr juga menawarkan diskon 30% untuk pengguna Flickr Pro di tahun pertama hingga 30 November yang sedikit meringankan sobat dengan ketakutan kehilangan penyimpanan gratis sobat. Wah bagaimana menurut sobat?