Inijie

Sering lalu lalang di social media tentu paham dengan apa yang disebut dengan Flatlay Photography. Terlebih lagi, saat kalian mengikuti akun-akun foodies kece yang gemar memamerkan hasil foto flatlay di café atau restoran yang mereka datangi. Deretan makanan dan minuman berwarna-warni menjadi daya tarik utama dari gaya foto yang satu ini.

Sebenarnya, susah tidak sih untuk memotret dengan gaya flatlay ini? Mungkin jawabannya bisa dibilang, susah-susah gampang. Kata ‘susah’ yang muncul dua kali ini menjadi acuan bahwa memotret flatlay tidak semudah mengangkat kamera ke atas meja saja. Namun, pangkas semua kesusahan tersebut dengan menyimak resep jitu yang datang langsung dari empunya, yaitu Jiewa Viery alias Inijie!

Color Pallete

Penting lo, untuk menyelaraskan warna keseluruhan foto agar saling mendukung satu sama lain. Warna dari makanan, background foto, property foto harus nyambung. Nyambung bukan berarti harus sama ya, tapi lebih ke seirama.

Prepare Your Stand

Hasil foto flatlay pasti berasal dari angle atas, otomatis kalian harus memastikan kamera kalian benar-benar vertical dalam menghadap objek foto. Gunakan lensa wide atau kit agar kalian tidak perlu repot-repot naik ke kursi ya.

Style Your Objects

Jangan buru-buru memotret, tata dulu makanan dan minuman kalian agar hasilnya lebih maksimal. Ada beberapa cara styling yang dikemukakan oleh Inijie. Yang pertama dengan menata objek foto dari top to bottom, left to right, golden rules, bahkan beautiful mess! Masing-masing styling tentu bisa kalian cocokan dengan selera masing-masing.

Epic Flatlay

Yang terakhir ini bisa kalian gunakan saat sudah menguasai poin-poin di atas. Atur semua makanan, minuman, serta property foto dengan jarak-jarak yang random. Kemudian, kalian juga bisa menggunakan property mangkok, dan piring yang berukuran macam-macam. Jepretlah objek-objek tersebut tegak lurus dari atas, dan voila! Foto kalian akan terlihat hidup, dan berdimensi.

Flatlay Photography yang memang sedang naik daun ini pun cukup menyegarkan linimasa Instagram karena hasil fotonya yang memanjakan mata. Dengan resep-resep di atas, tentu siapa saja kini bisa memotret makan siang atau sarapannya dengan lebih stylize, kan?