Lensa fix sering disebut juga sebagai lensa prime (prime lens). Sesuai dengan namanya, lensa ini memiliki panjang focus tunggal, yaitu 24, 35, 50, dan 85 mm. Dari berbagai ukuran tersebut, ukuran 50 mm menjadi ukuran yang paling popular digunakan.  Jadi, kenapa sih harus pakai lensa ini? Yuk, simak artikel ini!

Lensa fix lebih tajam

Lensa ini mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam dari lensa zoom, terutama pada daerah pojok frame. Hal ini didukung oleh kualitas optic yang cenderung lebih bagus dibanding lensa lain.

Kualitas bokeh yang menawan

Dengan aperture maksimal yang besar, kamu dapat menggunakan depth of field (kedalaman ruang) yang sangat sempit. Sehingga subjek akan terisolasi dan menghasilkan kesan blur yang halus namun menarik. Jadi, kondisi cahaya yang minim bukanlah sebuah halangan untuk mengambil gambar yang menarik.

Ukuran dan bobot lensa yang friendly

Karena memiliki satu titik focal length, konstruksi mekanisnya pun mengikuti dan jadi lebih efisien. Dengan ukuran fisik yang kecil dan ringan, kamu nggak perlu merasa keberatan membawa lensa prime ini saat travelling.

Harga lensa yang ramah di kantong

Dengan lensa yang compact, harga yang ditawarkan termasuk terjangkau. Salah satu contohnya adalah  lensa Prime ukuran 50mm f/1.8 untuk Nikon maupun Canon bisa kamu dapatkan hanya dengan harga sekitar Rp 1 jutaan. Di studiostar7, lensa fix merk Yongnuo ditawarkan dengan harga dibawah 1 juta lho!

Jadi, sudah menentukan pilihanmu pada lensa fix? Lensa ini cocok banget untuk kamu yang hobi travelling tapi nggak mau ribet. Prime lens bisa jadi bekalmu untuk memotret warga local dengan tema human interest. Tidak hanya itu, lensa ini juga bisa banget untuk memotret fotografi makro. Dengan memadukan lensa prime dengan extension tube atau dengan reverse ring, maka lensa murah ini sudah mampu bersaing dengan lensa makro khusus yang harganya mahal.

Yuk, Baca Artikel Lainnya!

Mengetahui Tipe Lensa DSLR

Lensa yang Pas Untuk Fotografi Potrait