Film Kodak Ektachrome lagi Diuji

Kodak memberikan banyak kejutan tahun ini. Tak hanya mengeluarkan kamera legendaris Super 8, tapi juga mengeluarkan film legendaris mereka, yakni Ektachrome. Setelah diumumkan di tahun 2017 dan hilang tanpa kabar, mereka akhirnya memberi kepastian : film roll Kodak Ektachrome lagi ada di tangan para ahli di seluruh dunia untuk diuji. Sudah lebih dekat, nih!

Film Kodak Ektachrome lagi Diuji
Ektachrome baru. Sumber : Kodak

 

Ini bisa dilihat dari akun Instagram resmi Kodak, beberapa boks Ektachrome dipegang oleh beberapa fotografer. Maupun juga dikirim dengan blok berisi 10 boks individual dari Ektachrome. Ini menandakan bahwa Ektachrome tengah menjalani uji beta oleh para fotografer profesional dan para ahli.

 

Film Kodak Ektachrome lagi Diuji!
Beberapa sampel Ektachrome untuk tes uji beta, yang dipegang oleh fotografer profesional, Michael Turek. Sumber : Instagram : @kodakprofessional

 

Film Ektachrome pertama kali diluncurkan di tahun 1946. Film ini digunakan untuk perfilman maupun fotografi dalam format yang berbeda-beda, bahkan 35mm sampai ukuran 11×14 inci pun ada, loh. Film Ektachrome menjadi terkenal karena menjadi langganan untuk National Geographic. Tak hanya itu, Ektachrome bisa menjadi mediator untuk foto-foto dengan kecepatan shutter 1/10,000 per detik tanpa filter.

 

Film Kodak Ektachrome lagi Diuji!
Tes rol oleh sang fotografer profesional, Michael Turek. Sumber : Michael Turek/Instagram

 

Sayangnya, karena penjualan yang menurun, Ektachrome ditarik dari pasar di tahun 2013 – seiring dengan matinya kamera analog. Kodak ingin mengembalikan roll film dan kamera analog, namun terhenti karena 80 lebih resep yang digunakan oleh pabrik mereka untuk menghasilkan barang-barang ini telah sulit untuk dibeli lagi. Namun, akhirnya mereka kembali ke jalan mereka lagi untuk merealisasikan mimpi mereka dengan perlahan-lahan namun pasti.

Film Kodak Ektachrome lagi Diuji!
Hasil foto Ektachrome baru. Sumber : Kodak

 

Dari foto di atas, sudah kelihatan betapa uniknya warna Ektachrome bukan? Ya, masih dengan warna-warna yang khas, kok. Sudah nggak sabar untuk bereksperimen dengan Ektachrome? Well, kita tunggu saja berita selanjutnya! Semoga kita bisa merasakan pengalaman “jadul” dalam fotografi nanti dengan adanya Ektachrome! Fingercrossed!

 

Baca juga :