Nadir Hasmi

Menjadi bagian dari generasi milenial di era teknologi yang makin canggih ini membawa banyak dampak di kehidupan kita. Banyaknya pilihan gadget yang semakin mempermudah hidup, lantas membuat manusia semakin galau dalam memilih mana yang baik dari pilhan yang terbaik. Salah satunya adalah generasi millenial yang menjajal dunia kreatif sebagai fotografer serta videogafer.

Langsung saja, straight to the point! Kalian bakalan plih DSLR vs Mirrorless?

 

Untuk mengurangi kegalauan kalian, mari sama-sama kita jabarkan DSLR vs Mirroless dalam kelebihan serta kekurangan masing-masing kamera:

Ukuran Kamera

Tentu aspek yang satu ini dimenangkan oleh Mirrorless. Umumnya, kamera DSLR memiliki ukuran yang lebih besar dan berat, terutama kamera-kamera DSLR fullframe yang terkadang beratnya tidak kalah dengan barbel saat dipasangkan lensa yang besar pula. Jadi aspek yang satu ini, menggunakan mirrorless akan menghindarkan kalian dari linu-linu dan sakit punggung.

 

Kecepatan Autofocus

DSLR masih menjuarai aspek ini, walaupun kini kamera mirrorless mulai menyamai kecepatan autofocus terhadap objek pada seri kamera terbaru. Kemudian, yag mengejutkannya lagi, kamera mirrorless keluaran terbaru memilik titik autofocus yang jauh lebih banyak ketimbang kamera DSLR, namun ya perlu digarisbawahi lagi fitur ini baru tersedia di keluaran terbaru saja yang dibanderol dengan harga yang cukup WOW.

 

Kualitas Gambar

Kamera DSLR yang notabene sudah lahir lebih lama di dunia fotografi tentu sudah melengkapi kameranya dengan sensor yang mumpuni. Sama halnya dengan kamera mirrorless, namun baru pada keluaran terbaru saja. Namun, kalau untuk pengambilan video, rasanya kamera DSLR perlu waswas karena kini hampir setiap kamera mirrorless terbaru sudah dlengkapi dengan fitur 4K.

 

Daya Tahan Baterai

Satu yang perlu diketahui, kamera mirrorless cukup boros dalam menggunakan baterai. Jadi pastikan kalian punya batera cadangan. Masih lumayan jauh dibandngkan dengan kamera DSLR yang baterainya bisa tahan seharian.

 

Metode Transfer

Kamera DSLR masih jarang dilengkapi dengan Wifi, sehingga untuk langsung mentransfer hasil foto atau video dbutuhkan produk tambahan seperti memory card dengan wifi ataupun Case Remote. Sedangkan, kamera mirrorless lebh unggul disini karena bisa langsung mentransfer hasil foto atau video kalian ke handphone. Jadi, untuk bisa langsung update hasil yang fresh from the camera kan?!

 

Jadi gimana nih? DSLR vs Mirrorless? Kalian pilih yang mana nih? Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan, dan budget kalian ya!