Alternatif Lightroom

Fotografi kini sudah berkembang ke arah digital, Lightroom sudah menjadi deFacto namun siapa sangka ada alternatif Lightroom yang bisa diperhitungkan, hal ini menjadikan hubungan antara fotografi dan komputer kini sudah hampir tidak dapat dilepaskan. Adobe Lightroom adalah salah satu program editing wajib bagi fotografer digital saat ini, fotografi dan lightroom hampir menjadi sebuah kesatuan yang tidak dipisahkan dari sebuah proses fotografi digital. Sayangnya software besutan Adobe ini tidaklah cuma-cuma untuk bisa di dapatkan, adanya biaya subscribe menjadikan kita harus membayar setiap bulan / tahun untuk dapat menggunakan Lightroom, hal ini seringkali merepotkan bagi sebagian pengguna.

Namun, terdapat alternatif lightroom yang cukup menarik menurut Infotografi dan saat ini kian populer semenjak sudah mendukung platform Windows. Darktable adalah sebuah program yang mirip dengan Adobe Lightroom, dan bagusnya Darktable bisa didapatkan secara gratis. Di sini Infotografi akan mencoba melakukan ulasan bagaimana kemampuan Darktable ini untuk digunakan sebagai alternatif Lightroom yang sudah menjadi software andalan para fotografer.

  1. Kesan Pertama

Alternatif Lightroom

Sebagai alternatif Lightroom, Darktable memiliki antarmuka yang mirip dengan Lightroom, bagi pengguna Lightroom tidak akan kesulitan untuk memahami bagaimana cara kerja panel-panel yang terdapat pada Darktable. Pada tampilan pertama kita akan disuguhkan pada mode Lightable yang sama dengan mode Browse di Lightroom. Di kolom sebelah kanan terdapat menu untuk melakukan edit sederhana, dan di sisi kiri tertadapat panel untuk melakukan impor gambar, maupun melihat informasi foto yang sedang dipilih. Darktable mudah digunakan bagi pengguna Lightroom

Alternatif Lightroom

Proses impor foto pada Darktable lebih sederhana dibandingkan dengan Lightroom, tanpa banyak opsi Darktable lebih fokus pada kemudahan penggunaan, bahkan bagi pengguna awal. Hanya saja kami tidak menemukan opsi thumbnail yang seharusnya sangat penting ketika kita akan melakukan impor foto, sehingga kita tidak dapat dengan cepat untuk mengetahui foto yang akan kita impor.

  1. RAW Editing

Alternatif Lightroom

Sebagai alternatif Lightroom, Darktable juga memiliki kemampuan editing RAW yang dapatdibilang cukup lengkap. Pada tampilan Darkroom ini sama dengan tampilan Develop pada Adobe Lightroom. Panel-panelnya cukup mudah dimengerti, panel kanan menampilkan tool yang digunakan untuk mengkoreksi gambar, sedangkan panel sebelah kiri untuk navigasi, history, tag, dan informasi file. Hanya saja, pada Darktable tidak dilengkapi dengan Preset awal seperti pada Lightroom.

Tools yang di sebelah kanan dapat dibilang cukup memadai, walaupun tidak sebanyak padaLightroom, tapi untuk kebutuhan koreksi foto dan optimasi warna dirasa sudah cukup untuk ukuran program alternatif Lightroom. Terdapat exposure, brightness & contrast, shadow, curves, rotating, color balance, dan beberapa opsi standar lainnya. Di sini kita tidak bisa menemukan auto lens correction, gradual filter, vignette, maupun beberapa tools yang ada diLightroom.

Alternatif Lightroom
Foto RAW Underexposed
Alternatif Lightroom
Setelah dinaikkan EV 3.0

Pada saat melakukan proses editing RAW, kami menemukan beberapa keterbatasan yang ada pada Darktable ini. Salah satunya adalah kemampuan exposure yang hanya dapat meningkatkan kecerahan gambar hinga 3EV, pada Lightroom seharusnya dapat diterangkan menjadi jauh lebih terang lagi.

Selain itu, sepertinya Algoritma editing pada Darktable tidaklah sebaik pada Lightroom, opsi highlight masih belum dapat menampilkan detail yang hilang akibat clipping pada gambar. Pada saat mengedit dengan gambar yang cukup gelap, Darktable terlihat kesulitan untuk mengembalikan detail pada opsi shadow & highlights. Bagi pengguna awal Darktable yang baru beralih dari Lightroom, mungkin akan merasakan bahwa shadows & highlights pada Darktable masih belum sebaik yang ada pada Lightroom

Alternatif Lightroom
gambar sudah diubah shadow dan contrast

 

  1. Fitur Lainnya

Darktable sebagai alternatif Lightroom memiliki beberapa opsi lainnya yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah fitur geomaps, yaitu apabila foto memiliki geotag maka Darktable dapat menampilkan foto tersebut pada peta. Hal ini sangat menarik apabila foto sudah terdapat geotag seperti foto yang dihasilkan melalui kamera smartphone.

Alternatif Lightroom
Mampu menampilkan geotag pada maps

Sebagai Alternatif Lightroom, Darktable berfungsi dengan baik, dengan menggunakan sistem yang Infotografi gunakan, Darktable terasa lebih gegas dan cepat apabila dibandingkan dengan Lightroom. Pada fungsi slideshow kami beberapa kali sempat mengalami crash. Selain itu Darktable juga mendukung camera thetering untuk foto langsung dari kamera. Menurut infotografi, Darktable adalah alternatif lightroom yang bisa dijadikan solusi bagi teman-teman fotografer yang memiliki sistem Linux maupun sudah lelah dengan sistem berlangganan yang diterapkan oleh Adobe (kbp)

Alternatif Lightroom
Penggunaan memori yang relatif kecil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.