Menaruh posisi kamera masih merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan para sobat fotografi. Memang sih tas-tas kamera sekarang sudah memiliki macam-macam sekat dari velkro yang padat untuk memisahkan lensa, kamera, dan sebagainya. Namun, ada yang harus sobat perhatikan dari cara menaruh posisi kamera yang baik dan benar di tas kamera sobat.

 

Baca juga : Kamera kamu basah? Ini yang harus kamu lakukan pertama!

 

Cara yang tidak aman :

Cara Menaruh Posisi Kamera yang Benar di Tas Kamera
Sumber : Snap Happy Mom

 

Cara yang tidak aman menaruh kamera di tas kamera sobat adalah dengan menaruh lensa sobat ke arah bawah. Ini benar-benar tidak aman, loh. Ingat, lensa kamera sobat benar-benar jauh lebih berharga dari bodi kamera sobat. Tak hanya itu, lensa kamera benar-benar rapuh karena ada kacanya.

 

Dengan menaruh seperti ini, bisa saja sobat memecahkan lensa maupun lensa filter sobat ketika sobat nggak sengaja menjatuhkan tas kamera sobat dengan keras. Waduh, menyeramkan ya.

 

Baca juga : Tips dan Seluk Beluk High-Speed Sync

 

Nah, untuk meminimalisir pecahnya lensa sobat, sobat bisa menaruhnya seperti ini :

Cara Menaruh Posisi Kamera yang Benar di Tas Kamera
Sumber : Snap Happy Mom

 

Taruh kamera sobat seperti ini, yakni dengan lensa ke arah samping. Bisa sih, kalau sobat menaruh lensanya ke atas, tapi saat mengambilnya, sobat akan merasa kesulitan (dan posisinya begitu aneh, bukan?). Lagipula ketika sobat menaruh lensa ke samping, kamera sobat tidak akan sering tersenggol sobat dan sobat pun mengeluarkan kamera tersebut dengan mudah – karena langsung memegang grip kamera.

 

Oh ya, filter kamera! Akan lebih aman lagi jika sobat memberikan filter ekstra untuk lensa sobat. Karena dengan tidak adanya filter yang bisa dilepas-pasang, lensa sobat akan cenderung gampang pecah. Tenang saja, harga filter terjangkau, kok. Tak hanya itu, filter ini berperan seperti temper glass di layar ponsel sobat, yakni melindungi kaca lensa sobat dari kuku sobat, sidik jari, debu, ataupun sedikit retak. Sobat bisa membeli filter Hoya, Sigma, dan sebagainya. Jangan lupa samakan dengan panjang lensa sobat, ya!

 

Baca juga : Cara Ciptakan Wajah Cantik Natural dan Glowing dengan Permainan Lighting

 

Nah, sudah, nggak usah khawatir sama mecahin lensa lagi, deh. By the way, sudah berapa lensa yang sobat pecahkan? Hehehe.