Memang bangun lebih pagi dan memotret saat matahari baru terbit memang bagus. Apalagi kalau memotret serangga. Selain menantang dan harus ekstra hati-hati agar serangga tidak terbang karena kamera sobat, memotret serangga di saat matahari baru terbit adalah di saat mereka sangat-sangat lambat dan untuk menghangatkan diri. Jadi, jangan takut akan kehilangan jejak mereka kok – malah mereka sangat mudah untuk difoto saat matahari terbit. Inilah cara memotret serangga di depan sinar matahari terbit!

Cara Memotret Serangga di depan Sinar Matahari Terbit
Sumber : Danae Wolfe / PetaPixel

Kalau sobat beruntung, biasanya sobat diberi “bonus” dengan embun pagi. Embun pagi ini akan melekat pada serangga seperti ngengat dan pada tumbuhan-tumbuhan sekitar. Biasanya ini akan terlihat bagus di hasil foto sobat, loh.

Cara Memotret Serangga di depan Sinar Matahari Terbit
Sumber : Danae Wolfe / PetaPixel

Untuk peralatan foto yang sobat butuhkan hanyalah kamera sobat, dengan lensa 40mm f/2.8. Usahakan untuk menggunakan lensa makro.

 

Baca juga: Film Kodak Ektachrome lagi Diuji

 

Untuk pengaturan kamera, depth-of-field yang digunakan bisa dengan f/11. Jika diatas f/11, maka akan terlihat kabur karena akan terjadi difraksi lensa. Shutter tetap dalam 1/250. Untuk white balance, atur ke shady atau cloudy untuk mengeluarkan warna-warna bagus. Untuk ISO, atur saja sesuai cahaya yang ada, bisa 100 sampai 200.

 

Baca juga : Leica Luncurkan M10-P yang Tombol Shutter-nya Tanpa Suara!

 

Sudah pas peralatannya? Berikut adalah tekniknya! Yang harus sobat ingat adalah untuk tidak memotret di depan cahaya matahari langsung. Kasihan mata sobat maupun kamera sobat, tuh! Jadi, usahakan untuk memosisikan sobat di pepohonan ataupun semak-semak. Memang sulit sih untuk mencari cahaya yang pas untuk difoto, tapi dengan sedikit latihan, akan menjadi lebih baik, kok.

 

Sobat juga bisa menggunakan tripod, kok. Jangan lupa jarak dengan objek sobat ya. Oh ya, tetap gunakan fokus manual, ya.

 

Sobat juga harus mengerti dengan objek yang akan sobat foto. Semisal, beberapa spesies invertebrata sangat suka difoto, tapi beberapa tidak. Kalau sobat rajin berlatih, sobat akan mengerti gerakan apa yang membuat objek sobat melipir dari foto dan apa saja yang harus sobat hindari saat memotret. Yang perlu sobat ingat adalah memfokuskan pada matanya.

 

Baca juga : Tips untuk Memotret Dengan Long Exposure