Cara Memotret Gelas : Rahasianya ada di Cahaya!

0
386
cara memotret gelas

Memotret gelas? Rasanya memang nggak mungkin, ya. Untuk menaruh cahaya aja sudah membingungkan. Kalau langsung memberikan cahaya di gelas, malah gelas tersebut nggak terlihat kayak gelas. Waduh, gimana cara memotret gelas ya? Nah, tenang saja, sobat datang di tempat yang pas. Fotografer Jay P. Morgan akan memberikan tips untuk memotret gelas : rahasianya ada di cahaya!

Memotret gelas akan terlihat lebih baik jika sobat Infotografi menaruh sesuatu di belakangnya.

Pertama-tama, coba lihat ini. Taruh karton/kardus putih dibelakang gelas, dan sorot cahaya ke arah kardus. Lebih baik, bukan?

Baca juga : Kamera Handphone Terbaik 2019 Untuk Yang Hobi Travelling Anti Ribet

Dengan memberikan sedikit potongan karton putih dibelakang gelas, malah memberikan cahaya yang lebih gelap. Jika sobat memberikan potongan karton putih itu lebih lebar, sobat bisa lihat bayangan atau “garis bayangan” semakin kecil.

Seberapa banyak bayangan yang sobat butuhkan, benar-benar kreatifitas dari sobat. Namun, masih bingung pakai lampu apa sebagai cahayanya? Yuk, simak tips berikut ini!

Baca juga : Fujifilm Instax Mini 90, Kamera Instan Retro yang Serba Bisa

Memotret Gelas dengan Lampu LED Narrow Beam di Belakangnya

Untuk setup ini, yang sobat butuhkan hanyalah lampu LED Narrow Beam. Nggak sulit kok untuk mencari lampu-lampu ini. Nah, mengapa lampu kecil yang kita perlukan? Karena kita perlu “bayangan” di belakang gelas tersebut dapat terpantulkan oleh gelas.

Baca juga : Brica B-Pro 5 SE, Drone Compact yang Andal Untuk Fotografi

Gunakan Akrilik Plexiglass

cara memotret gelas

Gunakan 4 potong akrilik Plexiglass untuk membiarkan cahaya melewati akrilik tersebut. Kita tidak akan memantulkan cahaya, namun kita akan memotret langsung di cahaya. Plexiglass ini dapat memudahkan kita untuk menemukan gradien yang lebih lembut untuk dipantulkan ke gelas.

cara memotret gelas

Gunakan Softbox

cara memotret gelas

Yang terakhir dan paling mudah, cara memotret gelas dengan menggunakan softbox untuk menerangi gelas di belakang. Gunakan softbox di belakang gelas secara horizontal. Jangan tempatkan softbox sobat terlalu tinggi! Ini malah membuat semua cahaya yang akan lewat dari atas. Bayangan dapat memberikan “bentuk” dari gelas tersebut semakin jelas.

Dari beberapa setup diatas, mana yang akan menjadi “andalan” sobat? Selamat mencoba! Jangan lupa untuk tag kami atau e-mail kami hasil foto kalian saat mencoba tips berikut, ya!