Cara Gunakan Plexiglass untuk Foto Potret Kreatif

0
369
gunakan plexiglass untuk foto

Suka mengambil foto potret atau foto diri? Membuat foto potret yang menyenangkan menjadi tantangan tersendiri untuk para fotografer potret. Nah, bagaimana jika kita tambahkan elemen-elemen unik di dalam foto potret tersebut? Gunakan saja Plexiglass! Tenang, plexiglass ini mudah dicari kok. Yuk, without further ado, inilah cara gunakan plexiglass untuk foto potret kreatif dari fotografer Ashley Kocinski!

1. Cara gunakan plexiglass untuk foto : foreground bokeh

Yang sobat butuhkan hanyalah plexiglass, botol spray, air, dan gliserin. Sudah siap? Oke!

gunakan plexiglass untuk foto
Sumber : Ashley Kocinski

Sobat hanya perlu menaruh plexiglass di depan lensa sobat. Sobat bisa gunakan reflector holder untuk menaruh plexiglass tersebut di depan lensa sobat.

Baca juga : Cara Memotret Gelas : Rahasianya ada di Cahaya!

Untuk isi botol spray, sobat tuang gliserin dan aduk dengan air di dalam botol tersebut. Pastikan porsi gliserin dan air adalah 50/50. Jika terlalu banyak gliserin, sobat akan kesulitan karena terlalu mengembun. Maka dari itu, diperlukan selembar plexiglass untuk tes mixture dari isi botol spray sobat. 

Sobat harus ingat bahwa walaupun ada gliserin di dalamnya, kandungan gliserin dan air bisa berpisah dan sulit menciptakan rintik air yang pas. Oh ya, sobat bisa mengira-ngira ukuran bokeh, tergantung dari seberapa dekat plexiglass sobat ke lensa. Lebih dekat lensa sobat dengan lembar plexiglass, bokeh sobat akan lebih luas terlihat di kamera.

gunakan plexiglass untuk foto
Sumber : Ashley Kocinski

Nah, kelihatan indah, bukan?

2. Cara gunakan plexiglass untuk foto : efek kaca pecah dan distorsi

Untuk yang kedua, sobat hanya membutuhkan plexiglass dan pembersih dengan bahan dasar alkohol.

Sumber : Review Canon IXUS 190: Pocket Camera Serba Bisa dan Zoom Maksimal

gunakan plexiglass untuk foto
Sumber : Ashley Kocinski

Disini sobat nggak perlu mecah kaca buat bikin efek kaca pecah, kok. Dan ini juga lebih aman, pastinya. Oke, disini kita membutuhkan alkohol karena alkohol akan mematahkan plexiglass dan akan memberikan sedikit “pecahan” saat dilipat. Keren, kan?

Baca juga : Tips Sukses Memotret Foto Keluarga Yang Anti Garing

gunakan plexiglass untuk foto
Sumber : Ashley Kocinski

Jadi, ambil beberapa lembar plexiglass dan coba tes dengan beberapa tipe pembersih berbasis alkohol. Jika sudah menemukan pembersih berbasis alkohol yang tepat, let’s go!

Oh ya, tips akhir : pastikan model kamu menggunakan baju hitam untuk menghindari pantulan cahaya dari Plexiglass, ya!

Sounds good? Selamat mencoba, sobat!