Menurut situs Canon Rumors, Canon dikabarkan tengah menghentikan pembuatan kamera DSLR baru. Memang sih, ini berita buruk bagi sobat yang masih “penganut” kamera DSLR. Namun, di sisi lain, karena tengah melejitnya teknologi fotografi dan peminat DSLR semakin berkurang; Canon Rumors berpikiran bahwa penghentian pembuatan kamera DSLR baru ini karena ada kamera mirrorless terbaru lagi. Waduh, gimana tuh?

 

canon dslr baru mirrorless terbaru
Canon EOS R. Sumber : Canon

 

Baca juga : Tips dan Trik Kreatif Fotografi Pernikahan dengan Layar Ponsel

 

Di bulan September lalu, Canon telah meluncurkan kamera mirrorless full-frame pertama bernama EOS R. Kamera ini dilengkapi dengan sensor full-frame dengan megapiksel 30.3, ISO dari 100-40,000. Sensor full-frame ini telah dilengkapi dengan autofocus dual-pixel dan digabungkan dengan prosesor gambar yang tercanggih dari Canon bernama DIGIC 8. Tak hanya kamera, Canon juga meluncurkan tiga mount lensa untuk EOS SLR, loh. Yakni adalah EOS R control ring beserta filternya.

 

Canon Rumors menyatakan bahwa sumber mereka telah mengisyaratkan akan adanya tiga kamera DSLR baru dalam seri APS-C. Tiga kamera ini akan diluncurkan tahun 2019. Namun, di tahun depan, tak akan ada lagi full-frame EOS DSLR, nih. Walaupun telah dikabarkan bahwa ada kamera follow-up dari EOS 1D X Mark II yang sedang dalam pengembangan, namun sepertinya tidak ada kamera baru apapun hingga 2020 hingga Summer Olympics di Tokyo, Jepang. Lama banget, ya? Semoga patut untuk ditunggu, ya!

 

Baca juga :

 

Canon juga dikabarkan bahwa mereka tengah membuat map dalam marketing meeting mereka bahwa mereka telah mengumpulkan tiga kamera EOS R, beserta 5 lensa RF baru. Semua kamera beserta lensa ini diharapkan untuk diluncurkan sebelum Q2 di tahun 2020 walaupun “nominasi” tanggal untuk peluncuran sangat banyak.

 

Terus, untuk DSLRnya? Well, jangan kecewa dulu, tunggu aja seri 5DS. Mungkin juga kita bisa malah “disuguhkan” bodi EOS R nih.

 

Bagaimana menurut sobat tentang keputusan Canon? Kecewa, senang, atau benar-benar ingin mencoba mirrorless dan meninggalkan DSLR? Leave your comments below!