Meraup Keuntungan Dari Hobi Jepret Menjadi Bisnis Fotografi

0
529

Kata orang, follow your passion itu hal yang bakalan bikin kalian kerja sambal bahagia. Pastinya, hobi yang dibayar itu selain membuat dompet terisi, ada juga kesenangan hati yang bisa didapat. Nah, gimana si caranya meraup keuntungan dari hobi jepret-jepret kalian menjadi sebuah bisnis fotografi yang menguntungkan?

Pernah berpikir untuk membangun sebuah bisnis fotografi sebelumnya? Sama seperti membangun bisnis lainnya, tentu gampang susah bila belum ada pengalaman. Namun, dengan tekat yang kuat tentu kalian bisa membangun brand kalian sendiri.

Baca Juga : Memotret Bayi Tanpa Panik, Simak Tips Lancar Jaya Disini

Kalian kudu menyimak tips-tips yang akan membantu agar bisnis fotografi kalian bisa makin berkembang:

Buat Portfolio

Untuk mendapatkan kepercayaan klien, tentu kalian harus mempunyai produk yang bisa ditunjukkn ke klien. Sebagai seorang fotografer, hasil jepretan kalian adalah produknya. Maka dari itu, sangat penting untuk membangun portfolio yang bisa menarik perhatian calon klien kalian. Kurasi foto-foto yang terbaik untuk dipamerkan di portfolio ya.

Jadilah Unik

Pasti sudah bukan rahasia umum lagi kan kalau bisnis fotografi adalah bisnis yang red ocean, alias berdarah-darah karena memiliki persaingan yang tinggi. Untuk bisa menjadi perhatian, tentu kalian harus bisa menjadi unik. Boleh banget kok kalau mau belajar dengan cara ATM (amati, tiru, modifikasi), pastika kalian tidak berhenti di fase meniru ya.

Atur Keuangan

Penting banget yang satu ini untuk tahu nantinya bisnis kalian akan untung maupun rugi. Pastikan kalian telah menghitung dengan detail segala pengeluaran produksi, modal, penyusutan aset, dan penetapan harga. Satu lagi yang wajib, pisahkan segala uang masuk dan keluar di rekening yang bukan rekenng pribadi kalian.


Pasarkan Merk

Langkah berikutnya tentu saja dengan memasarkan merk kalian. Buat sasaran klien kalian agar lebih aware terhadap merk kalian. Untuk awal pembukaan kalian bsa memberikan promo spesial kepada calon-calon klien kalian. Kalian juga bisa menggunakan media sosial kalian sebagai ajang promosi lo.

Baca Juga : Basic Videografi Singkat Untuk Para Vlogger Pemula

Ikuti keempat langkah tersebut agar bisnis fotografi kalian semakin lancar. Jadi, tunggu apa lagi buat kalian yang sudah mengimpi-impikan untuk punya bisnis fotografi sendiri. Bulatkan tekat dan niatmu untuk membangun sebuah bisnis fotografi yang sukses.

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI