Annie Leibovitz

To me, it’s not just about the individual pictures. The power in the effort that goes into creating a body of work — how the pictures are brothers and sisters to one another.” – Annie Leibovitz.

Anna-Lou Leibovitz atau Annie Leibovitz adalah fotografer portrait asal Amerika yang sering kali memotret selebritis terkenal. Fotografer kelahiran 2 Oktober 1949 ini merupakan chief photografer perempuan pertama di majalah Rolling Stone. Selain itu, ia juga pernah bekerja untuk majalah Vanity Fair dan Vogue.

Ketertarikan perempuan kelahiran Connecticut, Amerika Serikat dengan dunia fotografi ini berawal saat ia berada di Filipina pada masa perang Vietnam. Pada saat itu, ia sering kali memotret aktivitas di sekitar pangkalan militer dan penduduk setempat. Kegemaran Annie Leibovitz di dunia seni sendiri dipengaruhi oleh ibunya yang seorang penari, pemusik dan pelukis. Leibovitz kecil sering berpindah karena ayahnya adalah seorang tentara yang sering dipindah tugas.

Baca juga : 5 Tips untuk Newborn Photoshoot

Foto – foto yang diambil oleh Leibovitz terkenal dengan tone warna yang dingin dan pose model yang unik. Setiap foto yang dipotretnya menceritakan sisi unik dari subjeknya.

Salah satu foto legendaris yang pernah diambil oleh Leibovitz adalah foto John Lennon dan istrinya, Yoko Ono. Foto tersebut diambil menggunakan kamera polaroid pada akhir tahun 1980, beberapa jam sebelum mantan personil the Beatles itu mati ditembak.

Annie Leibovitz memotret John Lennon yang telanjang bulat dan meringkuk seperti janin di sebelah istrinya yang berpakaian lengkap. Foto tersebut rencananya akan digunakan untuk cover majalah Rolling Stones sekaligus mempromosikan album terbarunya yang berjudul Two Virgins. Pada 2005 lalu, foto tersebut mendapatkan nominasi the best magazine cover of the previous 40 years dari the American Society of Magazine Editors.

Baca juga : Kegelisahan Fotografer Pemula

Foto John Lennon dan Yoko Ono yang dipotret Annie Leibofitz

Lihat foto – foto Annie Leibovitz lainnya

sumber : vogue.com
Samantha Power, Duta besar Amerika Serikat di PBB. Menceritakan tentang pekerjaan seorang ibu yang tidak ada habisnya. sumber : vogue.com
Kim Kardashian, Kanye West dan North West. sumber : vogue.com
Agnes Martin, pelukis yang menunggu inspirasi. sumber : youtube Master Class