action camera

Bagi pecinta kegiatan outdoor, memiliki sebuah action camera adalah hal yang mutlak dimiliki. Ukurannya yang mungil, ringan dan praktis adalah keunggulannya. Selain itu, action cameradidesain tahan banting dan bisa digunakan di kondisi ekstrim, sehingga cocok untuk menunjang aktivitas dan hobimu.

Namun, karena terlalu banyak pilihan, kita sering kali bingung hendak membeli yang mana. Don’t worry, baca rekomendasi ini dulu yuk sebelum memutuskan untuk membeli!

GoPro Hero 6

Berbicara tentang action camera pasti gak afdol jika gak menyertakan nama GoPro di dalamnya. Salah satu yang wajib dimiliki adalah GoPro Hero 6 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp4,2 juta. Kamera ini memiliki fitur video 4K dengan 60 fps, resolusi 12 megapiksel, memiliki layar sentuh serta baterai yang sanggup bertahan antara 1,5-2 jam.

Sebagai action camera, GoPro Hero 6 tahan air hingga kedalaman 10 meter dan menghasilkan foto berkualitas dalam kondisi pencahayaan yang minim. Tak lupa, tersedia WiFi untuk remote monitoring dan control. Keunggulan lainnya adalah hasil video yang stabil dan smoothCool!

Baca juga: Dji Osmo Pocket Action Camera yang Mampu Kalahkan GoPro

Yi 4k+

Alternatif lain selain GoPro, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli merk Yi. Khususnya, Yi 4K+ yang sedang dibahas saat ini. Tak jauh berbeda, Yi 4K+ memiliki fitur video 4K dengan 60 fps, resolusi foto 12 megapiksel, fitur layar sentuh dengan baterai yang mampu bertahan hingga 70 menit.

Yi 4K+ dijual dengan harga Rp3,5 juta. Dilengkapi pula dengan USB tipe C untuk memindahkan data lebih cepat serta memiliki file format RAW. Format ini memiliki kualitas gambar yang lebih bagus. Namun, kelemahannya adalah Yi 4K+ nggak waterproof, kecuali setelah dilapisi dengan waterproof case terlebih dahulu.

Rylo 360

Kalau ingin fitur yang sedikit beda, Rylo 360 mungkin akan jadi pilihan terbaik. Yup, sesuai namanya, action camera ini bisa merekam dan memotret hingga sudut 360 derajat! Resolusi videonya pun jauh di atas kompetitor lain, yakni 5,8K! Rylo 360 bisa ditebus dengan harga Rp6,2 juta.

Meski begitu, bukan berarti produk ini tanpa kelemahan. Ketiadaan fitur layar sentuh dan tidak waterproof membuat kita sedikit berpikir ulang. Daya tahan baterainya pun hanya 60 menit saja. Laman Tom’s Guide menyebut bahwa hasil foto Rylo 360 tak terlalu bagus ketika berada di area dengan pencahayaan minim.

Baca juga: Rekomendasi Nikon DSLR Untuk Videografi Para Youtuber

GoPro Hero

Mencari GoPro dengan harga yang sedikit miring? Kamu bisa pertimbangkan untuk membeli GoPro Hero. Dibanderol dengan harga Rp2,8 juta, action camera ini memang merupakan seri lama namun dengan kualitas yang tak kalah oke. 

GoPro Hero memiliki fitur video 1440 dengan 60 fps, resolusi foto 10 megapiksel, fitur layar sentuh, dilengkapi dengan image stabilizer dan tahan air hingga 10 meter. Tak hanya itu, ketahanan baterainya cukup baik, yakni hingga 2 jam. Memang cukup tertinggal hanya dengan resolusi video 1440 piksel, karena action camera lain unggul dengan resolusi 4K.

GoPro Hero 7

Mari berkenalan dengan action camera terbaik saat ini: GoPro Hero 7! Seri terbaru ini memiliki fitur yang cukup mengesankan, di antaranya memiliki resolusi video 4K dengan 60 fps, resolusi foto 12 megapiksel, layar sentuh, waterproof dengan daya tahan baterai hingga 158 menit.

GoPro Hero 7 unggul berkat hasil videonya yang smooth dan stabil. Fitur lainnya adalah memiliki kualitas foto RAW, face, smile and scene detection, hingga fitur live streaming dan Time Warp. Kamu bisa mendapatkan GoPro Hero 7 dengan harga Rp6,2 juta. It’s worth to price!

Baca juga: Fitur Kamera DSLR yang Sering Diremehkan dan Jarang Digunakan

Nah, itulah beberapa rekomendasi action camera yang bisa kamu pertimbangkan. Masih ada jenis-jenis action cam yang bagus dengan standar yang sama. Kalau kamu, pilih mana?