Action cam

Beberapa tahun kebelakang, Action Cam atau Action Camera sangat digandrungi oleh kaula muda di Indonesia. Beragam merek tersedia di beberapa situs perbelanjaan online. Tidak jarang kita kebingungan ketika hendak menentukan pilihan action cam. Bagaimana tips untuk yang ingin membeli action cam?

Secara garis besar, yang pertama harus diketahui adalah sejarah merek action camera yang akan dibeli, kekuatan kamera, garansi dan spesifikasi.

Baca juga: Dji Osmo Pocket Action Camera yang Mampu Kalahkan GoPro

Jangan asal pilih action camera

Banyak sekali brand atau merek Action Cam yang bisa kalian jumpai ketika melihat-lihat di situs perbelanjaan online. Kalian juga tentu pernah melihat beberapa action camera yang memiliki bentuk, warna dan spesifikasi yang sama namun memiliki merek yang berbeda bukan ?

Hati-hati, jika kalian menemukan kejadian seperti itu, maka action camera tersebut masuk kedalam golongan action camera generic, dimana kamera-kamera tersebut pada dasarnya adalah kamera yang sama, diproduksi oleh perusahaan elektronik yang tidak diketahui namanya, lalu diberi merek oleh distributor.

Baca review Action cam sebelum membeli

Action Camera terkenal dengan kekuatannya yang tahan banting dan tahan air . Sebelum membeli action camera, selain secara hati-hati memilih brand, kamu juga wajib melihat dulu review dari para pembeli dan pengguna action camera yang ingin dibeli .

Beberapa action camera sering dikeluhkan oleh beberapa pembeli karena cepat rusak, proses encoding video yang terlalu besar memakan memory penyimpanan hingga kegagalan firmware untuk melakukan booting. Untuk melihat review, kalian bisa membaca di forum-forum action camera atau pada bagian review produk pada halaman penjualan action camera yang akan kamu beli.

Baca juga: Rekomendasi Nikon DSLR Untuk Videografi Para Youtuber

Cari kamera yang ada garansinya

Action Camera adalah salah satu produk yang paling banyak dikeluhkan masalah garansinya. Banyak produsen action camera di Indonesia yang melakukan bulk order dari china lalu langsung menjualnya kembali ke konsumen tanpa quality check dan jaminan yang jelas.

Hati-hati dalam memilih merek action camera jadi kunci untuk mendapatkan kamera bergaransi jelas. Action Camera bergaransi resmi pada umumnya memiliki situs website resmi perusahaan lengkap dengan data distributor resmi dan informasi kontak klaim garansi.

Resolusi asli atau palsu?

Banyak yang tertipu ketika membeli action camera yang ditulis memiliki kemampuan resolusi video hingga 4K ternyata begitu dicoba videonya sangat buruk kualitasnya .

Inilah salah satu masalah yang kerap ditemukan ketika membeli action camera. Beberapa action camera bahkan dijual dengan harga 400 ribu namun ditulis mampu merekam video 4K. Secara teknis kamera tersebut memang menghasilkan video beresolusi 4K, namun sebenarnya video 4K tersebut merupakan resolusi hasil interpolasi (menggandakan jumlah pixel asli) dari resolusi sebenarnya.

Interpolasi adalah proses yang secara otomatis dilakukan oleh software dalam action camera yang melipat gandakan setiap pixel dari sebuah video atau foto guna menghasilkan resolusi yang lebih besar.

Simplenya interpilasi itu sama seperti kita meresize foto berukuran 600×600 menjadi 1200×1200, maka hasil foto akan buram dan pecah. Pada action camera contohnya, resolusi asli nya 1080p diinterpolasi menjadi 4K . 

Maka dari itu selalu cek kebenaran spesifikasi action camera yang tertulis pada kardus atau halaman penjualan action camera yang hendak dibeli sebelum kecewa.

Baca juga: Fitur Kamera DSLR yang Sering Diremehkan dan Jarang Digunakan