7 Menit Lebih Dekat dengan Dunia Fotografi

0
61

Fotografi, barangkali istilah satu ini telah sering Sobat dengar. Secara etimologi, fotografi berasal dari kata photo (Yunani) yang berarti cahaya dan grafo  yang berarti melukis atau menulis. Jadi memiliki makna proses melukis atau menulis yang memanfaatkan media cahaya. Sementara itu dari sisi terminologi, fotografi dapat diartikan sebagai usaha untuk mengambil gambar dari suatu benda melalui pantulan cahaya yang terekam dari objek itu sendiri.

Poin Penting dalam Pengambilan Gambar

Pada dasarnya poin penting dalam proses pengambilan gambar adalah memfokuskan cahaya yang mengenai objek tersebut. Biasanya ketika ingin memfokuskan cahaya pada objek, maka seseorang akan menggunakan sebuah alat yang dikenal dengan istilah lightmeter. Ada sejumlah setting yang harus dilakukan ketika menggunakan lightmeter, seperti ISO Speed, Kecepatan Rana dan Diafragma. Namun hal itu kini semakin mudah dengan adanya perkembangan dunia fotografi yang cenderung menggunakan sistem digital.

Jika melihat perkembangannya saat ini, maka dunia fotografi telah mengalami perubahan yang cukup pesat. Saat ini hampir setiap mampu menghasilkan gambar dengan menggunakan alat-alat fotografi berupa kamera. Bakan tidak perlu menggunakan kamera berkualitas terbaik, cukup menggunakan kamera handphone dan mengatur pencahayaan pada kamera handphone, maka gambar pun dapat dengan mudah Sobat hasilkan.

Di era milenial ini, fotografi tidak lagi hanya sebatas proses pengambilan gambar untuk mengabadikan sebuah momen. Namun juga turut serta menjadi bagian dari gaya hidup yang banyak dilakoni oleh orang-orang. Bahan tidak sedikit pula yang menggantungkan hidupnya pada dunia fotografi tersebut. Jadi, jika Sobat memang tertarik pada dunia fotografi, maka tiada salahnya untuk lebih giat mempelajarinya. Terlebih lagi saat ini telah tersedia beragam tempat kursus khusus mempelajari fotografi yang dapat Sobat ikuti.

KIRIMKAN SAYA ARTIKEL INFOTOGRAFI