Hai, Sobat InFoto! Bagaimana dengan moodboard kemarin? Berhasil? Nah, setelah buat moodboard, kini saatnya menentukan lokasi. Tapi, jangan asal pilih lokasi, loh! Inilah photoshoot series #2 : menentukan lokasi.

 

  1. Pertimbangkan warna dan tekstur

Semisal, warna pop dengan daun besar bisa menciptakan kesan alam. Berikut contoh foto dari Mango Street. Agar lebih menciptakan kesan alam, mereka memilih dinding polos dengan daun besar. Model menggunakan pakaian berwarna earthy, yakni cokelat agar menyatu dengan kesan alam.

Agar lebih memudahkan kamu, berikut adalah warna dan tekstur yang pas untuk mencari lokasi.

  1. Pencahayaan

Inilah yang harus dipertimbangkan, pencahayaan atau lighting. Tak perlu bawa-bawa alat-alat pencahayaan yang ribet dan mahal, cukup mengandalkan sinar matahari saja sudah cukup. Kamu bisa menciptakan kesan seperti foto di bawah ini.

 

  1. Biarkan background (juga berbicara)

Jangan cuma model yang menceritakan kisah dari foto yang kalian buat, tapi background juga. Seperti foto di bawah, pilihan lokasi memang cuma tangga. Namun, karena bayangan dan pencahayaan, cerita dari foto tersebut akan terbentuk.

 

  1. Jangan lupa : budget

Kamu bisa mengadakan photoshoot yang sama sekali tidak perlu uang. Namun, kalau kamu bosan dengan proyek yang begitu-begitu saja, kamu bisa nyewa lokasi dan bikin anggaran khusus untuk lokasi.

 

  1. Bingung cari lokasi ataupun bingung sewa lokasi? Tanya dulu!

Gampang, kamu bisa tanya dulu ke teman ataupun keluarga tentang lokasi yang pas dan sesuai dengan photoshoot yang akan kamu buat. Atau, kalau kamu sudah menemukan lokasi tapi bingung takut diusir, tanya langsung ke manajernya aja. Biasanya pinjem tempat nggak sulit banget, kok.

Kamu juga bisa pakai airbnb untuk mencari lokasi. Namun, biasanya host akan ngasi extra charge untuk pemotretan. Jangan lupa untuk memberi pesan pada host tentang pemotretan kamu secara jelas dan mendetil, ya. Ini berarti kamu juga harus memberitahu berapa jumlah kru yang kamu bawa serta berapa lama pemotretan kamu akan berjalan.

 

Gampang kan? Jangan menyerah kalau penyewaan lokasi kalian kurang berhasil, kalian bisa terus mencari lokasi hingga menemukan tempat yang sesuai. Kalau sudah, lanjut ke cara mencari model yang pas di artikel selanjutnya, ya! See you!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here