Yang Perlu Diketahui Dari Kartu Memori

Dunia FotografiMemory card atau kartu memori merupakan aksesoris yang harus dibeli seketika setelah Sobat membeli sebuah kamera digital. Meskipun berukuran kecil tetapi keberadaanya sangat penting. Aksesoris ini merekam dan menyimpan semua gambar kalian. Apakah Sobat pernah bertanya mengapa sebuah memory card Class 10 lebih mahal dibanding Class 2?  atau mengapa penggunaan memory card yang berkualitas sangat penting dalam fotografi? Terdapat banyak sekali kartu memori yang beredar di pasaran dan hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pemotretan yang juga bervariasi. Coba lihat kembali memori card jenis apa yang cocok untuk kebutuhan kalian. Pemilihan kartu memori yang tepat bukan hanya akan mempercepat kinerja kalian, tetapi juga akan mempermudah pekerjaan Sobat. Berikut ini adalah 10 hal yang harus diketahui tentang kartu memori:

 

Kartu memori memiliki sebuah kunci

Apakah Sobat pernah mendapati pesan kesalahan dari kamera: “cannot write or read card”? kemungkinan besar ini terjadi karena kartu memori kalian masih dalam posisi terkunci. Semua kartu SDHC/SDXC memiliki sebuah kunci di bagian kiri. Kunci ini membuat kartu memory write-protected dan sobat tidak bisa melakukan modifikasi data yang ada di dalam kartu memori

Kartu memori memiliki kecepatan berbeda

Kelas (Class) yang berbeda di setiap kartu memori memberikan kecepatan yang berbeda. Kartu memori Class 2 memiliki kecepatan write minimum 2MB/sec. Class 4 memiliki kecepatan write nimum 4MB/sec, Class 6 = 6MB/sec, dan Class 10 = 10MB/sec. Pilih kartu memori Class 6 keatas untuk kebutuhan recording video 720p. Penggunaan Class 10 sangat direkomendasikan untuk pengambilan video HD dan broadcasting.

Kartu UDMA lebih cepat

Kartu memori UDMA atau Ultra Direct Memory Access memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat dibandingkan dengan kartu CF biasa. Foto-foto beresolusi tinggi dan video full HD membutuhkan kartu seperti ini. Kartu memori UDMS memungkinkan kamera kalian untuk merekam video klip lebih lama atau memotret lebih banyak gambar pada mode continuous shoot / burst.

Card Reader “cepat” untuk kartu memori “cepat”

Membeli kartu memori dengan kecepatan tinggi akan terasa percuma jika Sobat mentransfer data menggunakan Card Reader yang lambat. Seorang wedding photographer atau photojournalist seringkali membutuhkan Card Reader cepat untuk mentransfer foto-foto mereka saat berada di lapangan.

Delete dan Recover Data

Memformat sebuah memori card berarti menghilangkan data secara permanen, tetapi tidak jika Sobat hanya men-delete file. Jadi jika Sobat masih belum memformat memori setelah manghapus semua gambar, Kalian masih bisa me-recover atau mengembalikan data menggunakan software recovery.

Format kartu memori ketika berganti kamera

Sangat disarankan untuk mem-format memori ketika Sobat berganti merk atau brand kamera DSLR. Hal ini dikarenakan tiap merk kamera terkadang menggunakan format file yang berbeda, hal ini beresiko Sobat kehilangan data atau terjadinya kerusakan file.

Kecepatan tulis lebih penting

Para produsen memori selalu menekankan bahwa kecepatan baca lebih penting, tetapi menurut kami yang terpenting adalah kecepatan penulisan data. Semakin cepat penulisan data, maka akan semakin cepat pula penyimpanan data. Biasanya kecepatan baca dan tulis pada sebuah memori card memiliki kecepatan yang sama atau hanya selisih sedikit saja.

Biarkan gambar tersimpan lebih dahulu

Lampu LED yang berkedip pada kamera menandakan bahwa data dalam proses transfer dari kamera ke memori. Jangan membuka atau melepas kartu memori dari kamera pada saat proses ini berlangsung, karena beresiko terjadi hilang atau rusak pada data tersebut.

Usahakan baterai selalu penuh

Salah satu kesalahan yang kerap terjadi pada kalangan fotografer adalah memotret sampai baterai benar-benar habis. Jika terjadi kamera mati pada saat proses penyimpanan data/gambar di memori, maka beresiko terjadi kerusakan pada kartu memori dan juga data.

Ganti kartu memori sebelum penuh

Ganti memori sebelum kapasitas penuh. Sobat akan kehilangan momen berarti jika tiba-tiba menyadari kartu memori kalian sudah penuh dan tidak bisa menyimpan file gambar lebih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here