Vivian Maier – The Nanny Photographer

Fotografer Dunia – Vivian Maier dikenal oleh dunia fotografi sebagai “The Nanny Photographer”. Beliau lahir pada awal februari 1926, dan meninggal dunia pada 21 April 2009. Beliau bisa dikatakan seorang Street Photographer amateri di negara amerika yang terlahir di New York dan besar di Prancis. Dia bekerja sebagai seorang “Nanny” di Chicago, setelah kembali ke US. Pada tahun-tahun tersebut beliau sudah memotret sebanyak 100.000 foto, dan kebanyakan adalah foto orang/manusia serta cityscapes di Kota Chicago.

 

Vivian Maier

 

Foto-foto beliau tidak pernah diketahui oleh orang lain, dan kebanyakan masih berupa negatif. John Maloof adalah seorang yang menemukan foto-foto beliau di tahun 2007. John perlu diketahui adalah seorang sejarahwan serta kolektor. Sayangnya hasil pekerjaan Vivian Maier mulai menerima kritik serta pujian setelah kematiannya. Foto-foto beliau telah dipamerkan di banyak penjuru dunia baik melalui surat kabar dan majalah di AS, Inggris, Jerman, Itali, Perancis, dan negara-negara lain. Buku fotografi pun tidak mau kalah, pada tahun 2011 diterbikan buku yang berjudul Vivian Maier: Street Photographer.
Sumber: wikipedia

Semoga karya serta riwayat hidup The Nanny Photographer bisa memberi inspirasi bagi kita semua. Beberapa Foto Vivian Maier:

Drunk man - by Vivian Maier

Kids - by Vivian Maier

Black woman - by Vivian Maier

Vivian Maier on mirror

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here