Vignet Lensa & Cara Mengatasinya

Tips Fotografi – Ketika melihat kembali hasil foto di komputer, pernahkah Sobat menemukan foto yang bagian sudut-sudutnya lebih gelap dibandingkan bagian frame yang lainnya? Jika Ya Sobat tidak perlu khawatir, hal tersebut biasa terjadi, terutama ketika Sobat menggunakan lensa wide atau lensa yang beharga relatif murah. Fenomena ini biasa disebut dengan “edge vignetting” atau vignet lensa dan permasalahan ini dikarenakan oleh lensa itu sendiri.

 

Vignet lensa
Photo By: Soucavity

Untungnya vignetting lensa bisa dihilangkan dengan menggunakan perangkat lunak editting gambar seperti: Photoshop, Photoshop Lightroom, Photoshop Elements, dan lain-lain. Sebagai contoh pada Photoshop, Sobat bisa menekan tombol atau Tab Lens Correction dan Sobat akan melihat bagian “Removing Vignetting”. Geser slider jumlah ke arah kanan untuk mempercerah bagian sudut yang gelap. Slider berlabel midpoint menentukan seberapa luas pencerahan diberlakukan di dalam foto, jadi jika hanya di bagian sudut kanan atas maka Sobat bisa menggeser slider sedikit ke arah kiri. Jika area gelap didalam foto cukup luas, maka geserlah ke arah kanan.
vignet lensa
Mudah bukan? Hanya dalam beberapa detik masalah vignetting kalian bisa diatasi. Jika Sobat menggunakan Lightroom, sedikit banyak Sobat bisa melakukan langkah-langkah yang sama, dan hasilnya juga sama persis, fitur tersebut bisa Sobat temukan di tab Develop.

1 COMMENT

  1. Bilamana foto yang saya potret terdapat vignet maka saya upayakan menggunakan lens correction dari photoshop dan hasilnya cukup memuaskan.Silakan mencoba dari menu Filter dan arahkan ke sub menu Lens Correction dan pilih jenis lensa dan kamera yang anda gunakan. Demikian info semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here