Tutorial Food Photography : enak dipandang, enak dimakan ๐Ÿ˜œ

Makin ke-sini rasanya fotografi semakin dibutuhkan, salah satunya adalah dunia kuliner. Tutorial food photography sangat digemari karena ternyata makanan sekarang tidak hanya membutuhkan rasa yang enak, melainkan juga gambar yang sedap. Di tutorial food photography ini, Infotografi tidak akan mengajarkan untuk memasak agar sedap dilihat loh tapi bagaimana memotret makanan agar jadi tampak sedap dan menggiurkan. Fyi aja ya, sekarang etalase online sudah menjadi referensi bagi banyak orang dalam menentukan sebuah keputusan pembelian. Sehingga foto makanan yang sedap dipandang juga akan mempengaruhi orang untuk memilih makanan yang tepat buat mereka.

Tutorial food photography ini mudah diikuti kok ganbro, Cuma yang ganbro butuhkan adalah makanan hehe. Makanan yang di foto tidak terbatas pada jenis apapun, namun beberapa jenis makanan memerlukan pendekatan yang berbeda, kita tidak bisa menyamakan semua gaya foto dengan semua jenis makanan. btw makanan yang kami foto di sini adalah makanan ciamik di Buro Bars Garden loh, bagi yang ada di Surabaya bisa deh mampir.

Untuk lebih mudahnya, Infotografi akan merangkum beberapa tips mudah di tutorial food photography ini :

  • Bermain Komposisi
Komposisi Geometris

Foto makanan yang baik akan tampak lebih apik ketika disusun dengan komposisi yang bagus. Pada umumnya, komposisi yang paling aman adalah memanfaatkan geometris geometris yang ada di tempat makan untuk menciptakan kesan yang rapi. Komposisi geometris ini cenderung aman dan bisa diterapkan di hampir semua foto makanan, namun kamu bisa mencoba foto yang asimetris untuk membuat kesan yang berbeda.

  • Gunakan Model
Model bisa membantu mempercantik foto

Food photography terkadang tidak selalu tentang makanan, karena di mana ada makanan tentu ada yang memakan. Dan tidak lain dan tidak bukan orang-oranglah yang memakan sebuah makanan (iyalah) jadi sebenarnya kita bisa membuat food photography tampak lebih hidup dengan menambahkan unsur manusia di dalamnya. Tidak perlu menampilkan manusia secara utuh, hanya bagian tangannya saja sudah cukup untuk memberikan kesan yang bersih dan sederhana. Eits, tapi model juga harus diperhatikan ya, jangan sampai ketika kita menggunakan model tangan seseorang, tangan tersebut berada dalam kondisi yang tidak bersih. Hal itu malah dapat membuat orang tidak tertarik memakan foto yang kita.

  • Kombinasikan dengan makanan lainnya
Kombinasi makanan dan minuman tampak lebih utuh

Kombinasi objek akan memberikan keberagaman dalam foto. Terkadang apabila diperlukan, kita bisa menyertakan minuman yang cocok untuk dinikmati bersama makanan yang kita foto. Dengan menambahkan minuman sebagai elemen pendukung, akan menciptakan kesan bahwa makanan tersebut memiliki satu kesatuan dengan menu lain yang akan difoto. Selain itu dengan menambahkan objek lain yang masih relevan kedalam frame dapat memberikan kesan lengkap.

  • Berikan efek dramatis apabila diperlukan
efek cahaya dramatis menambah kesan esklusif

Efek dramatis dapat ditambahkan pada saat proses editing foto. Efek dramatis ini dapat memberikan kesan eksklusif apabila makanan yang kita foto memang adalah minuman โ€œsignatureโ€ yang ingin kita tawarkan kepada pembeli. Efek dramatis tidak harus berlebihan, namun cukup untuk membuat makanan / minuman tersebut terlihat lebih istimewa dibandingkan minuman lainnya. Hal ini berguna dalam memotret makanan / minuman yang masuk dalam kategori โ€œsignatureโ€ atau special edition. Namun yang perlu diperhatikan adalah pastikan efek dramatis ini tidak mengubah warna makanan secara signifikan yang akan membuat pembeli merasa tertipu ketika membeli makanan yang sesungguhnya, terkadang pemberian warna dan efek saturasi membuat warna makanan terlihat lebih punchy dari yang sesungguhnya. Hal remeh seperti ini bisa jadi membuat pelanggan menjadi kecewa karena merasa tertipu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here