Tips Memotret Ekspresi Anak Kecil

Layak namun bikin frustasi, mungkin kata – kata tersebut tepat untuk menggambarkan saat memotret anak kecil. “Layak” karena anak – anak merupakan subyek yang fantastis, dan “bikin frustasi” karena mereka adalah anak – anak, berlari kesana – kemari, berteriak kencang memecah konsentrasi saat memotret dan beragam tingkat – tingkah aneh nan lucu mereka. Saat memotret Anak kecil Sobat setidaknya memerlukan penggabungan skill fotografi portrait dan sport/action. Menantang sekali bukan?

Memotret anak – anak tidak bisa hanya menerapkan kemampuan fotografi portrait pada umumnya. Yuk kita lihat apa saja sih yang Sobat perlukan untuk mendapatkan foto anak – anak yang hebat dan berkarakter:

  • Perbanyak jepretan foto: Anak kecil bergerak cepat dan ekspresi mereka bisa berubah dari waktu ke waktu. Tentu ekspresi mereka akan berubah tidak naturak ketika sadar terlah berhadapan dengan kamera. memotret secara berseri menggunakan pengaturan Action/Sports memungkinkan untuk menangkap ekspresi dan gerakan mereka saat menjadi diri mereka sendiri.
  • Hindari foto kaku: Tinggalkan cara memotret ini, dan biarkan mereka foto mematung hanya untuk keperluan sekolah! Anak kecil cenderung aktif dibanding hanya diam dan tersenyum.
  • Foto dengan posisi sama dengan tinggi mereka (eye level). Memotret dari angle yang lebih tinggi akan memberikan kesan tampak lebih kecil dan rentan, untuk itu potretlah setara dengan mata mereka atau bahkan lebih rendah dari itu! Angle ini akan membuat mereka tampak lebih mantap.
  • Gunakan properti tambahan. Memotret anak kecil akan terasa lebih berkarakter ketika menyertakan beberapa properti seperti: mainan favorit mereka, dan tentunya bisa mengalihkan perhatian mereka dari kamera dan perlengkapan fotografi lainnya. Seorang anak kecil yang sedang naik sepeda, bermain atau melompat diatas trampolin akan mampu menghasilkan sebuah foto hebat yang natural.
  • Senyum. Memotret anak kecil yang senang dan bahagia berpotensi menghasilkan foto hebat, jadi doronglah mereka untuk tersenyum dan tertawa se-natural mungkin.
  • Gunakan teknik fill-in flash: Mungkin keberadaan flash tidak terlalu penting, namun Flash tidak hanya akan menghasilkan foto yang lebih terang, tetapi juga akan memberikan efek “catchlight” di mata subyek. Ini akan memberikan nilai tambah pada foto kalian mengingat mata mereka akan tampak bersinar.

So tunggu apa lagi Sobat? jika kalian memiliki saudara atau kerabat dengan anak kecil yang berlarian dirumah, segeralah bersilahturahmi dengan membawa kamera kalian! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here