Tips Memotret Bayi dan Anak-Anak

Tips Fotografi – Apakah Sobat pernah merasakan bahwa memotret bayi adalah aktifitas fotografi yang terasa begitu menyenangkan? Mengabadikan sebuah kehidupan baru yang polos dengan muka yang begitu menggemaskan. Memotret bayi bisa menjadi ajang untuk melatih fotografi kalian loh! Carilah teman atau saudara yang baru saja memiliki anak, dan tawarkan pada mereka untuk memotretnya, syukur-syukur mereka senang dengan hasil foto tersebut dan kalian mendapatkan sisi komersial dari aktifitas tersebut.

 

Memotret Bayi dan anak anak

Salah satu tip yang bisa diaplikasikan saat memotret bayi adalah, memotret pada ‘eye-level’ bayi tersebut. Ada banyak foto bayi yang diambil dari angle atas, sekitar 2-3 meter diatas bayi tersebut, jika boleh kami mengatakan, angle pemotretan bayi dari atas akan membuat bayi lucu tersebut tampak lebih kecil dan mirip dengan mainan.

Bertumpulah pada tangan dan lutut atau berjongkok sebelum memotret, masuki dunia mereka dan ajak mereka berinteraksi, dengan demikian akan memudahkan dalam memotret bayi mungil tersebut.

Memotret Bayi

Bayi bisa dikatakan sedikit sulit untuk dipotret karena mareka diam disatu tempat dan selalu menggerak-gerakkan tangan, kaki serta kepalanya. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan foto yang baik ketika memotret mereka adalah dengan cara meletakkan mereka diatas karpet bayi dan sobat berbaring tepat disebelah mereka dengan kamera kalian berada tepat di atas lantai, dengan cara ini Sobat bisa melihat langsung sebuah mata besar dan indah serta secara tidak langsung akan menempatkan para penikmat foto pada sebuah prespektif ‘eye to eye‘ yang unik.

Memotret Anak-anak

Prinsip yang digunakan sebenarnya sama dengan memotret bayi, yaitu memotret dengan eye level mereka, tentunya tidak sampai berbaring di lantai ketika anak-anak tersebut sudah mampu untuk berdiri atau berjalan. Waktu yang tepat memotret anak-anak adalah saat mereka melakukan aktifitas atau kegiatan yang mereka senangi, seperti bermain, makan dan lain-lain. Pergilah ketaman bersama dengan mereka beserta orang tuanya, kunjungi rumah mereka ketika mereka sedang belajar mewarnai, berusahalah berbaur dengan mereka di di kamar atau pada saat bermain.
Mendekatlah ketika mereka sedang melakukan aktifitas (tentunya pada level/tinggi yang sama dengan mereka) dan ambillah foto sebanyak mungkin, usahakan juga mengambil foto anak-anak saat bersama dengan orang tua mereka dan jangan sampai melewatkan momen-momen candid, cobalah membuat ekspresi wajah lucu dan mendapatkan respon dari anak-anak tersebut.

Mode continues shooting atau burst mode layak untuk digunakan, jika kamera digital kalian mememiliki fitur tersebut, terutama jika anak-anak tersebut sangat aktif. Menurut pengalaman banyak fotografer, bahwa foto kedua atau ketiga dari sequence shot akan tampak menarik. Memotret hanya dengan satu jepretan atau frame, berarti kemungkinan besar Sobat akan kehilangan momen. Keunguntungan lain dengan menggunakan continuous shooting adalah kemungkinan mendapatkan satu seri foto yang bisa digabungkan jadi satu dan bisa menyampaikan cerita.

Focal Length

Cara lain merubah angle pemotretan ketika memotret anak-anak adalah dengan menggunakan focal length yang berbeda. Gunakan beberapa lensa yang berbeda untuk mendapatkan opsi yang berbeda, jika Sobat menggunakan kamera DSLR (lensa wide dan zoom), dan jik Sobat menggunakan kamera point and shoot maka setidaknya memiliki 3x optical zoom dan pastikan kalian memaksimalkannya.
memotret menggunakan lensa wide angle akan terasa efektif ketika berada di dekat anak-anak karena akan memberikan prespektif yang menarik. coba gunakan 17-40mm, tentunya SObat masih bisa mendapatkan sedikit zoom dan mendapatkan dampak yang luar biasa dari focal length 17mm
Lensa zoom memungkinkan kalian untuk memotret dari jauh dan akan sangat berguna jika anak-anak merasa takut atau malu ketika kalian berada di dekat mereka saat memotret.
Sebenarnya kunci dari memotret bayi atau anak-anak adalah menjadi seperti mereka. Sobat harus mengeluarkan sisi kekanakan kalian. Anak-anak suka sekali bermain, mereka melakukan hal yang tidak terduga, mereka suka hal-hal baru. Lakukan pendekatan melalui semangat bermain dan kalian akan mendapatkan foto-foto yang berasal dari “dunia mereka”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here