Tips Memilih Lokasi Pemotretan

Tips Fotografi – Ternyata memiliih lokasi pemotretan di luar ruangan tidak se-sederhana yang kita bayangkan. Sobat InFotografi sedikit banyak pasti ada yang pernah merasa sedikit frustasi ketika memilih lokasi pemotretan, lokasi seperti apa sih yang cocok bagi karakter subyek kita? lokasi apa sih yang membuat foto-foto tampak lebih menarik? Pemilihan lokasi yang sempurna bagi subyek memang memerlukan sedikit kerja keras serta perencanaan yang matang. Penting sekali mempertimbangkan lokasi mana yang tepat bagi kalian dan subyek/model agar memberikan sebuah rasa nyaman, dan style pemotretan itu sendiri.

 

location portrait photography 02Photo: Mackney

Berikut akan InFotografi berikan beberapa ide yang bisa dipertimbangkan dalam memilih sebuah lokasi pemotretan. Tetapi sebelumnya cobalah ketika Sobat InFotografi keluar atau sedang jalan-jalan biasakan mata untuk mencari tempat-tempat atau lokasi yang menarik dan pastinya Sobat menganggap tempat tersebut memiliki backdrop yang bisa digunakan dalam frame foto kalian, dan buatlah catatan kecil tentang tempat atau lokasi tersebut.

1. Lokasi yang tidak asing bagi subyek

Temukan sebuah tempat yang memiliki sebuah kecocokan personal terhadap subyek, bisa jadi lokasi itu adalah tempat favorit atau dimana mereka menyalurkan hobi mereka. Hal ini tentu akan membuat foto lebih memiliki arti dan cerita dan tentunya lokasi yang familiar bisa membantu subyek merasa nyaman saat pemotretan.

2. Sisipkan suasana berbeda dalam foto

Lokasi berbeda bisa membantu menciptakan suasana tersendiri bagi foto Portrait kalian. Jadi tidak ada salahnya berpikir tentang apa sih yang ingin Sobat sampaikan dalam foto kalian? sebagai contoh memotret di taman bunga yang bewarna-warni akan memberikan nuansa bahagia dan senang.

3. Hindari elemen-elemen yang bisa menjadi “distraction”

Meskipun Sobat memotret di dalam lokasi yang menarik, subyek kalian harus tetap menjadi fokus utama didalam foto. Hindari background yang bisa mengalihkan perhatian dari subyek, dan cobalah mencari tempat yang sepi sehingga tidak ada orang lain yang masuk ke dalam frame foto.

4. Pertimbangkan penggunaan backdrop.

Ketika sobat berada di tempat pemotretan, cobalah mencari backdrop yang cocok bagi subyek untuk duduk atau berdiri di depannya. Carilah backdrop yang memiliki warna atau pola yang menarik. Teksture juga bisa menjadi backdrop yang memberi ketertarikan tersendiri bagi foto-foto kalian.
Happy hunting Sobat..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here