Fotografi Smartphone, Kalau bisa kenapa enggak?

Fotografi Smartphone adalah hal yang sudah dapat dibilang umum sekarang, itu karena perkembangan teknologi sensor kamera yang ada di Smartphone sudah mencapai kualitas yang memadai. Fotografi smartphone dinilai sebagai jenis fotografi baru, karena memang perangkat smartphone saat ini sedang happening, lihat saja semua orang kini memiliki smartphone di genggaman mereka. selain karena dukungan hardware sensor kamera yang semakin bagus di smartphone saat ini, software yang mendukungnya juga kini sudah sangat mumpuni kita harus ber terimakasih kepada Android, iOS, dan Windows untuk menjadi rumah dari hardware kamera canggih ini di smartphone.

Dengan dukungan software dan hardware yang mumpuni, fotografi smartphone adalah hal yang sangat mungkin. Namun kembali lagi ke salah satu prinsip fotografi bahwa gear (kamera) hanyalah sebuah instrumen pendukung, yang berperan besar adalah penggunanya. Dengan penggunaan yang baik, maka fotografi smartphone dapat menjadi setara dengan apa yang bisa dilakukan oleh dengan kamera yang DSLR maupun Mirorless, bahkan dengan lebih simpel dan cepat. Hanya saja memang kita harus benar-benar mengenali jenis smartphone apa yang digunakan. Infotografi kali ini akan memberikan tips dan trik untuk melakukan fotografi dengan menggunakan Smartphone.

Perangkat yang Infotografi gunakan di sini adalah LG G4 dengan sistem operasi Android. LG G4 adalah salah satu smartphone android yang memiliki kemampuan fotografi yang cukup baik dikelasnya, kualitas gambarnya yang baik menjadikan perangkat ini tepat untuk menjadi kamera simpel yang siap kapan pun kita mau memotret. Namun tenang saja, tips yang akan dilakukan ini bersifat universal dan dapat diterapkan di smartphone apapun yang kamu miliki. Oke kita mulai dari tips pertama ya!

  1. Jangan Memotret di tempat minim cahaya

Ini adalah tips pertama yang harus dilakukan, sebenarnya bisa saja memotret dengan menggunakan flash kamera, namun tentu hasilnya tidak akan memuaskan, bahkan sekalipun smartphone yang digunakan adalah kelas tertinggi pasti ada konsekuensi yang harus dilakukan seperti menurunkan shutter speed (yang membuat gambar rawan blur) atau menaikkan ISO (yang membuat gambar kasar). Sensor kamera smartphone sangat kecil dibandingkan dengan DSLR, sehingga tentu fotografi low-light adalah hal yang cukup sulit dilakukan.

Fotografi Smartphone
LG G4, 16 MP, f1.8 (Manual Mode)
Fotografi Smartphone
LG G4, 16 MP, f1.8 (Auto Mode)
  1. Gunakan resolusi tertinggi yang bisa digunakan

Jangan berkompromi dengan resolusi dalam fotografi smartphone, selalu gunakan resolusi tertinggi yang ditawarkan oleh smartphone. Dengan menggunakan resolusi tertinggi memastikan gambar yang dihasilkan bagus dan tajam serta memberikan keleluasaan kita dalam melakukan cropping dan editing apabila diperlukan.

  1. Nyalakan Grid di viewfinder

Grid di viewfinder akan membuat kita semakin mudah melakukan komposisi terhadap gambar yang akan diambil. Menyalakan grid memang tidak akan meningkatkan kualitas gambar, namun komposisi foto yang baik akan meningkatkan nilai foto dari segi estetika dan tentu akan menghasilkan fotografi yang bagus.

  1. Edit foto dengan aplikasi terbaik

Editing foto sudah bukan hal yang haram dalam fotografi, malah sebaliknya proses editing akan mempercantik foto untuk kemudian dapat dipamerkan ke teman-teman kita. Salah satu aplikasi terbaik untuk ediitng adalah Snapseed dari Google dan VSCO. Kedua aplikasi tersebut menyediakan berbagai macam filter yang dapat digunakan untuk mempercantik foto.

  1. Bagi kamu yang menginginkan lebih, Gunakan format RAW!

Seperti yang sudah kita tahu dari artikel Infotografi sebelumnya, format RAW ini memiliki berbagai macam keunggulan dari segi kualitas jika dibandingkan dengan format JPG. Apabila kamera smartphone kamu memungkinkan untuk melakukan ini, jangan takut untuk menggunakan mode ini untuk memaksimalkan semua potensi yang dimiliki oleh sensor kecil kamera smartphone.

Fotografi Smartphone
Dengan format RAW kita bisa lebih memaksimalkan kualitas foto dari smartphone

Di atas tadi adalah lima tips dasar untuk melakukan fotografi smartphone. Tips ini berlaku untuk hampir semua smartphone yang ada saat ini. Dan dengan belajar secara pelan-pelan dengan tips tersebut, kita akan memahami teknik yang tepat untuk digunakan ketika memotret dengan smartphone. Bahkan dengan bentuknya yang lebih ringkas dan ringan, kita bisa melakukan eksperimen dengan sudut pandang pengambilan yang mungkin tidak bisa didapatkan dengan menggunakan kamera DSLR. (kbp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here