10 Tips Fotografi Memotret Close up

tips memotret close up

Seperti halnya bidang fotografi lainnya, Fotografi Close-Up memiliki tantangan tersendiri. Berikut adalah beberapa tips fotografi memotret close up yang bisa Sobat terapkan:

1. Kenali lebih dekat dunia mereka
keselamatan subyek kalian adalah yang terpenting! berhati – hatilah jika ingin memindahkan hewan atau serangga yang menjadi subyek kalian! mereka bisa sangat sensitif 🙂 Kenali tiap spesies dan tiap serangga memiliki perlakuan yang berbeda terutama pada pencahayaan, temperatur dan kelembaban.

2. Menemukan subyek foto
Tumpukan kompos atau kayu bekas merupakan tempat yang pas untuk mencari subyek foto, disana biasanya berkumpul para invertebrata yang cantik, bahkan di dalam ruangan Sobat bisa dengan mudah menemukan jumping spider atau laba – laba. jadi.. peluang foto kalian terbuka lebar 🙂

3. Mendekatlah pada Subyek
Agar mendapatkan foto yang lebih natural, mendekatlah pada subyek foto close-up kalian! angle yang eye-level bisa menjadikan hasil foto kalian lebih masuk ke dunia mereka. jangan pernah sungkan untuk jongkok bahkan tengkurap di atas tanah.

4. Pengaturan kamera
Lensa makro memungkinkan Sobat memotret sangat dekat pada subyek.. ini dikarenakan jarak fokus yang memang pendek, tapi begitu juga pada Depth of Field. Jika Sobat menggunakan flash maka gunakan kamera pada mode manual dengan aperture f/16 untuk mendapatkan fokus yang lebih luas dan shutter speed 1/160 dengan ISO 200

5. Lensa macro lebih pas dibandingkan lensa tele
Penggunaan lensa makro mampu memberikan pembesaran yang lebih jika dibandingkan dengan lensa tele-zoom. dilain sisi lensa macro memberikan jarak fokus yang lebih dekat, dalam artian Sobat bisa memotret lebih dekat ke subyek foto.

6. Tips ketika menggunakan flash
jika foto yang dihasilkan terlalu terang ketika menggunakan flash secara manual, maka turunkan power flash atau bisa menjauhkan jarak flash dengan obyek. Jika Sobat menggunakan diffuser maka atur zoom flash ke pengaturan yang wide guna menghindari cahaya berlebih di bagian tengah.

7. Flash off-camera
penggunaan trigger akan memberikan keleluasaan ketika Sobat menggunakan Flash. penempatan flash disatu sisi akan memberikan efek shadow. Sobat juga bisa mencoba untuk menempatkan flash di belakang subyek untuk mendapatkan efek backlighting.

8. Freezing
Penggunaan flash memungkinkan sobat memotret tanpa menggunakan tripod atau alat bantu lainnya, cahaya tambahan dari flash bisa membantu kalian untuk mendapatkan shutter speed yang relatif cepat agar terhindar dari camera shake maupun motion yang berasal dari gerakan subyek foto.

9. Fokus manual
Ketika memotret menggunakan tangan (tanpa bantuan tripod) set ke manual fokus dan maju mundurkan kamera untuk mendapatkan fokus yang tepat. Ketika menggunakan tripod gunakan zoom 10kali pada live view untuk memeriksa ketepatan fokus.

10. Gunakan Tripod
Tripod merupakan aksesoris fotografi yang tepat di dunia fotografi makro dengan pencahayaan natural, Sobat bakal mendapatkan shutter speed lambat, dan tripod akan sangat dibutuhkan pada kondisi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here