Tips Belajar Fotografi untuk Fotografer Pemula

Tips Belajar Fotografi – Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, bahwa belajar fotografi tak lepas dari life-cycle Visualisasi – peralatan fotografi – memotret – pemrosesan gambar – sharing foto hebat kalian. InFotografi juga banyak sekali mengulas berbagai genre fotografi yang bisa Kalian pelajari, semoga cukup bagi Sobat InFOtografi untuk memulai memasuki dunia fotografi serta belajar lebih banyak lagi.

proses belajar fotografiProses fotografi atau life-cycle tersebut bukan hal yang mudah untuk dilalui dan hanya bisa dilakukan tahap demi tahap. Sobat layaknya menaiki anak tangga yang berbentuk spiral, banyak sekali keraguan serta hambatan saat melaluinya. Sebagai contoh dengan meningkatkan kemampuan editing gambar (pemrosesan gambar) maka saat berikutnya kalian memotret kalian akan memiliki kemampuan lebih untuk memvisualisasikan hasil akhir foto yang akan kalian buat. Hal ini sama halnya ketika Sobat menggali lebih dalam tentang fitur – fitur kamera dengan membaca buku manual. Sobat tentunya belajar banyak sekali fitur-fitur yang bisa memperluas kemampuan saat memotret.

Setelah memahami tahapan dari life-cycle fotografi, berikut ini adalah beberapa tips belajar fotograi yang mudah – mudahan bisa meningkatkan kemampuan fotografi kalian:

Lakukan yang tidak bisa kalian lakukan!
Mudah sekali memotret sesuatu yang biasa atau nyaman kalian lakukan. Tentu kita semua melakukannya bukan? sebagai contoh: Foto landscapes dengan framing pepohonan atau pose model yang itu – itu saja dan sudah puluhan bahkan ratusan kali kalian aplikasikan.

Jika Sobat merasa demikian, coba keluar dari kondisi tersebut! Cobalah mencoba sesuatu yang tidak biasa, bagaimana jika saya coba angle yang lain? atau bagaimana jika kita lakukan dengan pencahayaan yang berbeda? Cobalah mencari cara yang berbeda dari yang pernah Sobat lakukan! dengan banyak latihan dan jam terbang, tentunya akan merubah foto menarik kalian menjadi sebuah foto hebat.

Pertanyaannya adalah bagaimana caranya? Dorong diri kalian dengan pendekatan yang baru serta angle – angle baru, pencahayaan berbeda serta visualisasi yang diluar kebiasaan kalian. Contohnya: Jika Sobat hanya memotret landscape yang menampilkan indahnya cahaya matahari tenggelam, maka sekarang coba sertakan sebuah subyek atau bahkan orang! Tantangan baru yang menarik bukan? Lakukanlah! dan lihat hasilnya kemudian analisa! dan pelajari bagaimana melakukannya lagi dengan hasil yang lebih baik.

Dalam perjalanan mungkin Sobat menemukan tipikal foto yang kalian suka. Perdalamlah! jadikan tipikal foto tersebut sebaga obsesi serta passion, dan pastikan semua orang melihatnya!

Yuk Share foto – foto kalian di Social Media InFotografi, dan dapatkan juga informasi seputar dunia fotografi di Akun Line Official InFotografi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here