The Living Photographs

Dunia Fotografi – Arthur Mole yang lahir pada tanggal 1889 (Inggris) dan meninggal pada tahun 1983 (US) merupakan seorang seniman besar yang dikenal dengan karyanya yang terkenal dengan sebutan the living photographs atau foto hidup. Kenapa dimikian? karyanya dimulai pada saat perang dunia I dimana 10.000 tentara militer diatur dan dikomposisikan sedemikian rupa untuk membentuk sebuah obyek. Komposisi tersebut didesain khusus agar bisa dinikmati dengan prespektif dari menara pandang setinggi 80 kaki. Ketika dilihat atau dipotret dari ketinggian ini maka baru bisa dimengerti apa sebenarnya bentuk dari barisan tentara militer tersebut. Arthur Mole mengerjakan itu semua dengan satu asisten bernama John D Thomas.

 

 Foto Yang membentuk karya yang berjudul Human U.S. Shield (gambar bawah) memberlukan 30.000 orang, dan potret dari Woodrow Wilson memerlukan 21.000. Tetapi SObat jangan salah.. susah juga loh menjadi salah satu orang yang berdiri untuk membentuk subyek tersebut. Menurut satu laporan, 18.000 tentara yang dianggap cocok untuk membentuk patung liberty diharuskan untuk memakai seragam yang berasal dari bahan wol, dan berada di bawah suhu panas 105 derat F. Bisa Sobat bayangkan, berapa banyak yang pingsa setelah beberapa jam berdiri.

 

Arthur Mole dan John Thomas memasang garis besar gambar yang diinginkna pada kamera mereka diatas menara, dan kemudian para tentara yang berada dibawah diarahkan agar tepat berada di tempat sesuai dengan penanda yang ada. Proses ini membutuhkan waktu beberapa minggu. “Living Photographs” sepertinya sudah tidak ada lagi saat ini, tetapi pada tahun 2009, sekitar 5000 tentara di Korea selatan sempat membuat karya seperti ini. Berikut ini adalah beberapa karya “Living Photographs” yang dipelopori oleh Arthur Mole dan John D Thomas:

 

 

 

 

 

 

Wew.. ternyata untuk menjadi seorang fotografer tidak sesederhana hanya menekan tombol shutter yah Sobat.. dibutukan sebuah perencanaan dan workflow yang relatif rumit untuk bisa menghasilkan karya yang selalu dikenang.. 🙂

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here