Ternyata T-shirt Putih Bisa Jadi Reflektor Loh!

Tips Fotografi – Beberapa hari yang lalu Kami sempat sharing dengan salah satu sobat InFotografi tentang penggunaan reflektor untuk pencahayaan subyek pada foto portrait. Ada beberapa macam ukuran serta warna reflektor yang beredar di pasaran dan tentu penggunaannya tergantung dari kebutuhan, dan kebanyakan semuanya sudah didesain sesimple mungkin untuk keperluan mobilitas.

 

reflektor

 

Ada satu cerita yang menarik ketika Sobat tersebut tidak membawa reflektor saat foto portrait, dan dia merasa membutuhkan “reflektor” untuk mengisi cahaya pada bagian wajah yang tertutup oleh bayangan. Dia menggunakan Kaos atau T-shirt bewarna putih yang dipakainya sebagai reflektor.

 

Kuncinya adalah posisi badan dengan kaos putih harus cukup dekat dengan subyek portrait dan tentu dengan matahari yang bersinar terang ke arah kalian sehingga cahaya bisa terpantul kembali ke arah subyek foto.

 

Mungkin terdengar sedikit aneh, tetapi percayalah hal ini bisa dilakukan, dan kabar baiknya Sobat tidak perlu repot-repot mensetting / membawa “reflektor” yang terkadang membuat subyek tidak merasa nyaman saat pemotretan.

 

Trik ini juga berlaku pada saat memotret menggunakan flash. Arahkan flash pada badan asisten kalian agar cahayanya terpantul ke subyek foto. Pantulan cahaya dari kaor bewarna putih akan tetap menghasilkan warna yang natural, dibandingkan dengan memantulkan cahaya pada permukaan yang bewarna. Jadi, siapa yang tahu bahwa T-shirt warna putih bisa berperan sebagai reflektor 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here