Pilih Overexposed atau Underexposed?

Tips Fotografi – Terkadang dalam belajar fotografi kita sering menemui sedikit kebingungan perihal tentang tingkat eksposure. Apakah foto yang baru saja diambil overeksposure atau undereksposure, apalagi jika LCD kamera yang kita miliki termasuk berukuran kecil sehingga sulit untuk menganalisa hasil jepretan kita dan selalu melihat kembali lewat PC hanya untuk mengetahui apakah foto-foto tersebut overexposure.


pilih overexposed atau underexposed


Menjawab pertanyaan tentang tingkat eksposure tentu sedikit susah jika kita tidak melihat hasil foto atau tidak mengetahi pengaturan yang digunakan, tetapi jika disuruh memilih antara undereksposure dan overeksposure maka lebih baik memiliki foto yang undereksposure. Exposure Bracketing bisa efektif digunakan pada saat Sobat menghadapi pencahayaan yang “tricky” atau berubah-ubah dan potensi overexposure bisa saja terjadi. Kamera sekarang kebanyakan sudah memiliki fitur Exposure Bracketing. Tetapi jika Exposure Bracketing tidak memungkinkan maka cobalah untuk memotret sedikit underexposure daripada overexposure.

Alasan mengapa memilih underexposure adalah kemudahan dalam melakukan perubahan menggunakan perangkat lunak editing seperti Photoshop atau GIMP pada saat paska pemotretan. Foto Under exposed masih merekam lebih banyak detail atau informasi dibanding dengan foto over exposure, dan Sobat bisa mengembalikan detail tersebut menggunakan Photoshop atau perangkat lunak editing yang lain.

Foto Overexposed cenderung memiliki informasi serta detail yang kurang, dan opsi-opsi ketika di perangkat lunak editing akan menjadi berkurang.
Artikel ini hanya sekedar opsi bagaimana ketika menghadapi situasi ketika menghadapi pencahayaan yang tricky, tentunya Sobat lebih baik mendapatkan exposure yang pas. Tips ini bisa berguna secara efektif jika Sobat memiliki fasilitas perangkat lunak editing gambar yang bisa memberikan kemudahan dalam memperbaiki foto-foto underexposure.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here