Photoshoot series #3 (final) : Menentukan Model

Hai, Sobat InFoto! Sudah dapat lokasi? Nah sekarang, saatnya untuk mencari model! Inilah photoshoot series #3 (final) : menentukan model!

Eitsss, tunggu dulu. Sebelum kamu mencari model, kamu harus tahu isi tim kreatif kamu. Semisal, tim kreatif kamu akan mencakup fotografer, videografer, creative director, model, makeup artist, hair stylist, wardrobe stylist, asisten produser. Nah, creative director ini gunanya adalah pengarah kreatif dan kalau bisa tunjuk dia yang mengeluarkan ide tentang konsep photoshoot dari pertama. Sedangkan untuk asisten produser, ia harus membantu proses pemotretan berjalan lancar, dari mulai pra produksi hingga paska produksi. Ia bertugas untuk memastikan alat-alat produksi tersedia, kru bekerja sesuai jadwal, booking lokasi, dan memantau proses editing.

Kalau kamu bingung cari mereka-mereka ini, kamu bisa tanyakan rekomendasi. Semisal, ketika kamu sedang mengontak hair stylist, kamu bisa menanyakan rekomendasi makeup artist dan lainnya.

Untuk mencari model, karena Indonesia belum ada direktori khusus pencarian model, kamu bisa menggunakan agensi. Jika kamu tinggal di Surabaya, kamu bisa kontak beberapa model management seperti MC Models dan sebagainya.

Kalau kamu dalam budget sedikit atau benar-benar tidak ingin mengeluarkan uang, kamu bisa menggunakan beberapa orang untuk kru kamu, semisal kamu tidak usah menggunakan videografer serta hair stylist maupun wardrobe stylist, cukup gunakan satu orang untuk menjadi stylist, it’s fine. Kamu bisa gunakan teman kamu untuk menjadi model atau biarkan mereka merias sendiri – you do you.

Jika semua sudah direncanakan, kamu bisa gunakan call sheet dan dikirim ke e-mail ke kru kamu masing-masing. Call sheet ini dibuat oleh sang asisten produser untuk menjelaskan dimana photoshoot akan dilakukan dan berapa lama.

Sumber : Mango Street Lab

 

Nah, dengan ini, semua perencanaan photoshoot kamu selesai! Kini kamu bisa mulai sesi photoshoot kamu dan have fun with your photoshoot!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here