Pemilihan Subyek Dalam Fotografi

Fotograri Pemula – Apakah Sobat InFotografi pernah bertanya-tanya tentang foto apa yang akan kalian ambil? Darimana Sobat bisa mendapatkan ide foto? Apakah Sobat akan mencoba terus berjalan sampai menemukan subyek yang bagus untuk foto kalian? Pertanyaan – pertanyaan tersebut seringkali diajukan ketika memulai aktifitas fotografi. Jika saat ini adalah tahap awal Sobat di dunia fotografi, maka cobalah untuk memotret apa saja yang kalian anggap menarik! Kebanyakan orang akan tertarik untuk memotret alam, manusia, gedung, fashion ataupun yang lain. Fotografi merupakan sebuah seni dan passion akan mengantar Sobat InFotografi ke arah mana style fotografi kalian. 

Sobat dengan seiring berjalannya waktu, akan mendapatkan ketertarikan yang lebih spesifik dalam fotografi. Sobat mungkin akan lebih bergairah ketika memotret candid orang-orang yang sedang beraktifitas, atau bahkan mungkin bunga atau wild-life. Jangan pernah mengkhawatirkan hal ini, semua itu akan datang pada kalian secara alami seriring dengan proses pembelajaran fotografi kalian. Semakin banyak waktu yang Sobat habiskan dibelakang kamera, maka akan semakin cepat kalian masuk ke tingkatan fotografi selanjutnya.

Terkadang dalam prakteknya kerap ada saja yang menghalangi proses fotografi kita. Maksudnya adalah, seringkali banyak ditemui keterbatasan di lingkungan dimana kita tinggal. Sebagai contoh jika Sobat tertarik untuk memotret binantang, dan Sobat tinggal di tengah riuhnya kota besar maka akan susah menemukan obyek hewan untuk foto-foto kalian. Jangan sampai kondisi tersebut membuat kalian putus asa! Sobat bisa pergi ke taman kota dan mencari hewan-hewan kecil seperti serangga, kemudian Sobat inFotografi bisa pergi ke hutan terdekat setelah menemukan kepercayaan diri mengenai hal teknis memotret hewan.

 

Sekarang Sobat sudah menemukan apa yang menjadi ketertarikan dalam dunia fotografi bukan? Jangan sampai terjebak hanya memotret di area tersebut. Perluas area jelajah kalian! banyak sekali fotografer yang menjadi expert setelah mencoba banyak area foto, toh setiap area pasti memiliki tantangan tertentu bukan? Dan kabar bagusnya jika kalian sangat gemar sekali memotret bunga, di waktu yang sama Sobat juga bisa mencoba untuk memotret landscape dan seascape. Siapa yang tidak suka akan foto-foto matahari terbit dan tenggelam? Memotret apa yang Sobat sukai bukan berarti mengacuhkan subyek foto yang lain. Memotret itu menyenangkan, jadi jangan terlalu serius ketika memotret 🙂

 

Pernahkah Sobat InFotografi mendengar tentang “Mata Fotografer”? Istilah tersebut untuk mendiskripsikan kemampuan seorang fotografer untuk melihat sebuah gambar dalam sebuah subyek dimana orang lain tidak melihatnya. Dengan kata lain jika seseorang normalnya akan berjalan tanpa memperhatikan apapun, maka seorang fotografer akan mencari frame – frame gambar. jadi Sobat setidaknya mengembangkan serta mengasah “mata” tersebut! terlepas dari apapun style fotografi kalian.

 

Pemilihan subyek untuk foto biasanya tergantung pada apa yang Sobat cari dan tentunya kualitas cahaya. Kembangkan selalu mata fotografer kalian, maka Sobat akan melihat gambar yang menarik dimanapun kalian berada. Terkadang kita akan terlalu dibatasi oleh gaya fotografi kita Contohnya, jika kita lebih cenderung ke foto landscape, maka kita tidak akan melihat sebuah kondisi sebuah gedung dengan pencahayaan yang tidak biasa. Sobat tidak perlu khawatir, kebanyakan orang yang tertarik akan dunia fotografi akan selalu membawa kamera kemanapun dia pergi, dan hal tersebut telah menjadi kebiasaan. Kebiasaan ini akan berubah menjadi hobi dan bahkan berkembang menjadi pekerjaan atau karir seseorang. jadi cobalah untuk mengembangkan kemampuan mata kalian, lihatlah ke setiap sudut dan carilah kemungkinan ada foto yang berkualitas disana, dan percayalah Sobat akan segera mendapatkan “Mata fotografer” kalian.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here