Optimasi Kamera Ponsel, Hasilkan Foto Berkualitas DSLR (1)

Optimasi Kamera Ponsel — Halo, Sobat InFotografi. Kali ini di InFotografi kami akan memberikan tips bagi Sobat InFotografi yang menyukai fotografi namun belum memiliki kamera DSLR. Tak perlu khawatir, Sobat. Kenapa? Karena kamera ponsel saat ini sudah cukup canggih sehingga foto yang dihasilkan pun juga nggak kalah bagus dengan hasil jepretan kamera DSLR. Sehingga optimasi kamera ponsel merupakan langkah awal yang bagus untuk mengeksplorasi skill fotografi Sobat InFotografi.

Pada dasarnya sih saat ini semua orang mulai tertarik pada dunia fotografi. Nggak percaya? Coba lihat deh, di café-café, banyak lho orang-orang yang repot-repot nyari angle foto hanya agar hasil foto hidangannya itu tampak bagus buat dipajang di social media.

Atau di tempat-tempat dengan pemandangan atau interior yang unik, nggak jarang menarik orang untuk mengabadikannya. Lagi-lagi, yang diinginkan adalah hasil foto yang setara hasil jepretan kamera DSLR yang jernih itu. Hal tersebut tentu nggak terlepas dari skill fotografi.

Bagi para pemula, nggak perlu buru-buru beli kamera. Belajar fotografi dengan optimasi kamera ponsel Sobat InFotografi. Untuk kamera pada ponsel keluaran terbaru saat ini sudah cukup mumpuni kok, Sobat. Kalau Sobat InFotografi punya kamera ponsel yang cukup bagus, bisa banget digunakan untuk belajar. Yuk simak tips optimasi kamera ponsel berikut.

Optimasi Kamera Ponsel – Komposisi

Komposisi merupakan factor utama yang menentukan hasil foto, Sobat. Jadi perlu banget bagi seorang fotografer untuk memahami komposisi. Salah satunya adalah rule of third, yang merupakan komposisi dasar dalam fotografi. Dengan komposisi rule of third ini hasil foto Sobat InFotografi akan natural.

optimasi kamera ponsel
                             rule of third

Kalau ada yang belum tau tentang rule of third (kalau sudah tau bisa kok Sobat skip hehe), adalah komposisi di mana memecah frame menjadi tiga bagian yang sama, baik vertical maupun horizontal. Berupa garis-garis yang ada pada tampilan kamera ketika kita akan memotret. Pada kebanyakan kamera ponsel saat ini sudah ada pengaturan ini sehingga Sobat InFotografi bisa menempatkan objek foto pada komposisi yang tepat.

Optimasi Kamera Ponsel – Cahaya

Sekedar tips nih Sobat, pencahayaan natural akan menghasilkan foto yang lebih baik daripada menggunakan flash kamera. Jika Sobat InFotografi memotret di dalam ruangan, cari cahaya buatan atau cahaya kecil yang natural. Tips selanjutnya, masih tentang cahaya, adalah selalu memposisikan sumber cahaya di belakangmu. Atau jika Sobat InFotografi ingin hasil foto berupa siluet, memotretlah dengan melawan sumber cahaya.

Lantas, apa guna flash dong? Flash digunakan hanya jika kondisi di mana kita akan mengambil gambar ada dalam pencahayaan yang rendah atau nggak terlalu terang.  Namun pada banyak kasus, malah menggunakan flash ini membuat hasil fotonya jadi nggak bagus. Kenapa? Karena letak flash kamera yang dekat dengan sensor sehingga membuat sensor tidak bekerja dengan baik. Beberapa orang berinovasi menggunakan tisu atau selotip transparan untuk menutup flash.

Optimasi Kamera Ponsel – Say No To Zoom!

Ingin hasil foto close up ala fotografer professional? Bisa. Sekedar info ya Sobat, kalau ingin mendapatkan hasil foto terbaik, jangan gunakan zoom pada saat mengambil gambar. ‘Tapi objek yang mau aku foto jauh, kalau nggak pake zoom terus gimana?’ Deketin objeknya, Sobat. Memotretnya langsung dari jarak dekat merupakan cara yang disarankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here