Optimasi Kamera Ponsel, Hasilkan Foto Berkualitas DSLR (2)

Optimasi Kamera Ponsel — Artikel berikut merupakan lanjutan dari artikel yang lalu. Masih membahas tentang optimasi kamera ponsel untuk mendapatkan hasil foto terbaik, setara dengan hasil foto kamera DSLR. Yuk, langsung disimak, Sobat.

Optimasi Kamera Ponsel – Menjaga Kestabilan Tangan

Nah, ini nih Sobat yang juga penting untuk diperhatikan. Pastikan tangan stabil saat memegang ponsel sehingga menghasilkan foto yang jelas, nggak blur. Keterbatasan kamera ponsel memang pada speed. Maksudnya, akan susah mendapatkan hasil maksimal jika ingin mengabadikan objek yang bergerak. Jadi solusinya ya berhentilah untuk memotret objeknya, Sobat.

Masih kesulitan? Tenang, bukan berarti Sobat bisa berhenti mengeksplor kamera ponsel Sobat. Kini sudah ada tripod dan tongsis yang bisa Sobat InFotografi gunakan. Dengan menggunakan tripod atau tongsis, posnel akan terjaga posisi stabilnya sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih baik. Jadi kalau Sobat merasa kesulitan mengatur kestabilan tangan dalam memotret, bisa menggunakan tripod atau tongsis. Tripod dan tongsis ini sudah banyak dijual kok, Sobat. Sehingga mudah dicari.

Optimasi Kamera Ponsel – Memilih Mode

Kalau Sobat ingin mengambil foto dengan hasil yang benar-benar bagus, tanpa blur, hindari penggunaan mode burst ya. Apa itu? Itu lho, mode foto yang mengambil banyak gambar dalam sekali foto. Namun bukan berarti mode burst ini nggak bisa dipakai. Bisa kok. Mode burst ini bisa Sobat InFotografi gunakan untuk memotret objek bergerak seperti kendaraan yang melintas, foto anak-anak, atau foto hewan peliharaan. Tapi sebelumnya tentukan komposisi dan pencahayaan ya supaya hasil foto terbaik bisa didapatkan.

Selain itu, di kamera ponsel  ada mode panorama. Fungsinya adalah mengambil gambar landscape. Tentu dengan catatan Sobat bisa menjaga tangan agar tetap stabil dan objek nggak bergerak. Selain itu, ada mode HDR (high dynamic range). Fungsi mode HRD ini adalah untuk hasil foto dengan pencahayaan merata. Jadi ketika Sobat sedang berada di tempat yang pencahayaannya nggak merata, dengan mengaktifkan mode HDR, maka foto yang dihasilkan akan mendapat pencahayaan merata.

Optimasi Kamera Ponsel – Hindari Menggunakan Filter

Filter yang dimaksud di sini adalah fitur filter yang biasanya ada pada aplikasi-aplikasi pihak ketiga. Nah menggunakan filter semacam itu pada saat memotret nggak disarankan lho, Sobat. Filter tersebut akan lebih bagus digunakan pada saat editing, bukan saat mengambil gambar. Hal ini supaya foto akan bisa memiliki lebih banyak variasi ketika proses editing serta bisa dipertimbangkan alternative hasil foto yang terbaik.

Nah, sekian dulu informasi dari kami, Sobat InFotografi. Bagi yang sudah pernah mencoba ‘bermain’ dengan kamera ponselnya, bisa sharing juga di kolom komentar. Selamat mencoba, Sobat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here