Tips Dalam Menyimpan Kamera dan Lensa Agar Bebas Jamur

Menyimpan Kamera dan Lensa β€” Kamera baru, pasti senang dong jepret sana-sini. Belajar ambil foto yang bagus dan lain sebagainya. Namun, di samping keseruan bersama sahabat baru itu, Sobat InFotografi perlu memahami bagaimana cara menyimpan kamera dan lensa. Supaya Sobat juga bisa terus belajar memotret tanpa ada gangguan teknis.

Cuaca yang ekstrem membuat suhu menjadi kerap berubah. Begitu juga kelembapan ruangan. Kelembapan perlu diperhatikan Sobat. Kenapa? Karena dalam menyimpan kamera dan lensa diperlukan kelembapan ideal agar lensa terhindar dari jamur dan kamera bebas debu.

Udara yang sangat lembap merupakan musuh dari kamera dan lensa. Kelembapan tinggi dapat mempengaruhi komponen elektronis dan sensor kamera. Selain itu, jamur bisa tumbuh dan berkembang di optik lensa. Jika hal tersebut terjadi, akan cukup merepotkan Sobat. Karena sekali jamur tumbuh, maka Sobat InFotografi perlu segera membersihkannya. Di samping itu, jamur tersebut memepngaruhi kualitas optik.

Apabila jamur menempel di bagian luar permukaan lensa, Sobat InFotografi bisa sedikit lega karena tak perlu membawanya ke tempat servis yang tentunya memakan biaya. Cukup bersihkan sendiri sampai jamur hilang, masalah selesai. Lain cerita jika jamur muncul di area dalam lensa.Β  Untuk yang satu ini, Sobat InFotografi bisa membawanya ke tempat servis lensa untuk dibersihkan. Range harganya sekitar Rp 250.000 hingga Rp 750.000, tergantung kondisi lensa yang terkena jamur tadi.


Baca Juga :


Menyimpan kamera dan lensa agar terhindar dari jamur, bagaimana caranya?

Menyimpan kamera dan lensa di dry cabinet atau dry box khusus merupakan pilihan tepat, Sobat InFotografi. Sedikit informasi, dry cabinet atau dry box ini merupakan lemari penyimpanan khusus yang dirancang untuk menyimpan barang-barang elektronik, salah satunya kamera. Sobat bisa membelinya di toko perlengkapan kamera atau toko alat rumah tangga yang lengkap. Dengan dry cabinet, Sobat bisa menyetel angka kelembapan sesuai dengan yang Sobat butuhkan.

menyimpan kamera dan lensa
Dry cabinet untuk menyimpan kamera dan lensa

Cara lain menyimpan kamera dan lensa adalah dengan menggunakan silicaΒ serta kotak kedap udara.Β  Cara satu ini merupakan alternative murah, Sobat. Gunakan kotak kedap udara yang biasanya digunakan untuk menyimpan beberapa sachet silica. Atau Sobat juga bisa membeli silica gel khusus yang dilengkapi indikator warna.

menyimpan kamera dan lensa
Kotak kedap udara dan silica gel

Barang-barang di atas bisa Sobat InFotografi dapatkan di toko perlengkapan fotografi atau kamera. Semoga informasi ini berguna ya, Sobat. Seperti biasa, boleh banget share di kolom komentar kalau ada yang punya tips lain dalam menyimpan kamera dan lensa. Selamat mencoba, Sobat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here