Mengontrol Depth of Field

Teknik Fotografi – Saat melakukan aktifitas fotografi tentu Sobat tidak bisa lepas dariย  Depth of Field. Kali ini InFotografi akan mencoba mengulas beberapa cara bagaimana kita bisa mengontrol Depth of Field (ruang tajam). Cara – cara tersebut antara lain :
    • Aperture
    • Focal Length
    • Jarak antara Camera dengan Subyek
mengontrol depth of field
The Wings of Dragonfly

Aperture

Aperture merupakan satu hal utama yang mempengaruhi Depth of Field dalam foto Kalian. Aperture adalah ukuran “bukaan” pada lensa. Pada umumnya ketika menggunakan aperture yang lebar atau bilangan f/stop kecil (contoh: F2.8), maka foto kalian memiliki area fokus yang sedikit (depth of Field tipis). Sebaliknya, jika Sobat menggunakan aperture kecil atau bilangan f/stop besar (contoh f22), maka hasil foto kalian akan memiliki area fokus yang luas.

Focal Length

Focal Length adalah faktor lainย  yang mampu mempengaruhi Depth of Field dari foto – foto kalian. Semakin panjang focal length (contoh: lensa yang di zoom s.d 100mm), maka semakin sedikit area foto yang akan terfokus (Depth of Field tipis). Dan juga sebaliknya, jika Sobat menggunakan focal length yang lebih lebar (contoh 24mm), foto kalian akan memiliki lebih banyak area yang terfokus. mudah dimengerti bukan?

Jarak Antara Camera Dengan Subyek Foto

Jarak antara Subyek foto dengan kamera juga akan mempengaruhi Depth of Field foto Sobat InFotografi. Pada umumnya, semakin dekat kamera dengan subyek, maka Foto kalian akan memiliki sedikit area fokus (Depth of Field tipis).ย  Cobalah untuk mundur atau menjauh dari subyek maka foto kalian akan memiliki lebih banyak area terfokus.

Tidak ada aturan baku dalam suatu bidang fotografi dalam menentukan besaran Depth of Field (DoF) yang akan kalian gunakan dalam foto kalian. Terserah Sobat di sisi fotografer. Foto seperti apa yang kalian cari? Komposisi seperti apa yang ingin kalian dapatkan. Sobat hanya perlu memperhatikan bahwa Depth of Field yang berbeda akan menyampaikan hal yang berbeda pula bagi penikmat foto kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here