Mengenal Lensa Lebih Dekat : Aperture

Sedikit melanjutkan kembali dari artikel sebelumnya (mengenal lensa lebih dekat). Artikel tersebut mengulas tentang semua kontrol atau kendali yang bisa kita lakuan terhadap lensa melalui tombol atau fungsi yang ada pada kamera kita, antara lain yaitu:

  1. Focus
  2. Focal Length
  3. Aperture
  4. Manual Focus
  5. Focus magnification

Nah kali ini InFotografi bakal mengulas lebih spesifik bagaimana mengenal aperture lensa.

Para fotografer secara sederhana biasanya menyebutkan aperture 2.8, 5.6 atau f/8, f/16 dan seterusnya. Ketika mereka menyebutkan lensa menggunakan 2.8 maka ini berarti lensa sedang menggunakan aperture terlebar, yaitu 2.8.

Cobalah untuk melihat kembali lensa kalian! Coba cermati berapa aperture terlebar, lalu coba lihat juga ukuran aperture yang lainnya yang bisa digunakan pada kamera. Cobalah satu persatu dengan memotret sebuah obyek, dan lihatlah dampaknya!

Kenapa penting sekali untuk memahami bagaimana mengatur aperture kalian? semakin lebar bukaan, berarti semakin besar f – stop kalian dan akan banyak cahaya yang diijinkan untuk masuk.

mengenal aperture lensabukaan atau aperture f/2 lebih lebar dari f/3.5 dan lebih banyak cahaya yang masuk. Kunci utama apa yang ingin Sobat kontrol melalui lensa adalah bagian mana dari gambar yang terfokus dan yang tidak. Jika Sobat memotret orang atau hewan yang berdiri didepan sebuah pegunungan dan semuanya terlihat fokus maka penikmat foto kalian mungkin tidak yakin sebenarnya bagian mana yang ingin mereka lihat. Pegunungan nya kah? atau hewan yang ada di foreground.

Cobalah lihat contoh gambar tersebut dimana rusa terfokus dengan baik, namun sebaliknya pada bagian pegunungan tidak tefokus dengan sempurna. Semua mata secara otomatis akan terarah pada rusa tersebut.

Cara kerja aperture ini adalah semakin lebar bukaan, maka akan semakin sempit “depth of field“, tetapi jika Sobat gunakan 22 maka kemungkinan besar pohon – pohon yang ada di background dan pegunungan tersebut akan tampak sedikit lebih terfokus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here