Memulai Dunia Model dan Fashion Photography

Fashion Photography – Artikel InFotografi kali ini akan berisi beberapa sumber serta langkah-langkah sederhana yang bisa membantu Sobat memasuki dunia fotografi modelling serta fashion. Sobat InFotografi pasti sudah pernah membaca artikel yang lalu tentang ‘Peran Sosial Media Bagi Bisnis Fotografi‘ kan? Nah untuk sukses di setiap jenis fotografi termasuk modelling dan fashion, tentu perlu jaringan pertemanan atau networking.

 p2

Langkah 1: Sobat harus segera memulainya si suatu tempat.

Kalau boleh jujur, pada kenyataannya tidak ada agensi model yang tergerak untuk menyewa kalian, jika tidak memiliki portofolio sama sekali tentang bidang fotografi ini. Sobat harus segera memulainya di suatu tempat, temui rekan atau kolega yang sering berkutat di dunia modelling dan minta tolong kepada mereka untuk menyediakan beberapa sesi pemotretan model, latihlah kemampuan fotografi kalian bersama dengan mereka. Sobat mungkin pada awalnya akan melewati banyak pemotretan secara gratis buat mereka, tetapi jangan berpikir komersial terlebih dahulu, fokuslah pada bagaimana menghasilkan hasil foto yang bagus sesegera mungkin, percayalah kerja keras Sobat akan terbayar pada tahap ini. Jika teman kalian senang atas hasil karya tersebut, tentunya mereka akan menunjukkan kepada teman-teman mereka yang lain dan pasanglah foto-foto tersebut ke berbagai sosial media seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain

Langkah 2: Mulailah bekerja dengan model yang sebenarnya

Setelah bekerja sama dengan teman Kamu seperti pada langkah pertama, saat ini setidaknya kalian sudah memiliki beberapa foto yang Anda sukai, sekarang waktunya melangkah setapak lebih jauh dengan bekerja sama dengan para desainer dan model yang sebenarnya.
Salah satu cara paling mudah untuk menemukan mereka, adalah dengan mencari referensi di Model Mayhem. Model Mayhem merupakan sebuah sosial media yang diperuntukan bagi model, fotografer, make up artis, desainer fashion serta agensi. Setiap pengguna memiliki semacam halaman profile pekerjaan mereka, dan tentunya Sobat akan dengan mudah mencari model dan desainer di dekat dengan area kalian. Buatlah sebuah profile dan masukkan hanya foto-foto kalian yang terbaik. Model, agensi mungkin akan mengirimkan ‘Casting-Call’ yang bisa kalian respon, dan bahkan Sobat bisa mengirimkan ‘Casting-call’ untuk mencari orang yang kalian butuhkan di dekat Area tinggal.

Ada banyak skill atau kemampuan fotografi di situs tersebut, jadi jika Sobat masih belajar maka kalian bisa bekerja sama dengan orang yang baru dalam ‘industri’ ini. Semua biaya serta harga yang ada adalah tergantung pada tingkat kemampuan serta portofolio. Beberapa model akan mengenakan biaya untuk memotretnya, beberapa fotografer akan mengenakan biaya juga bagi model serta desainer, dan bisa jadi akan terjadi pertukaran jasa atau barter. Temukan model di dekat Area kalian dan bekerja samalah dengan mereka. Gunakan situs ini untuk membangun sebuah jaringan pertemanan, karena dengan mendapatkan perhatian dari model, desainer serta agensi lain akan membantu kalian, dan itu yang benar-benar kalian butuhkan.

Cara lain untuk menemukan ‘hasil’ kerja yang sebenarnya adalah melalui kerja sama dengan distro, butik atau toko pakaian lokal di kota kalian. Banyak sekali distro-distro kecil yang memiliki desain pakaian sendiri, atau memanfaatkan supplier yang tidak memiliki foto-foto untuk promosi atau foto produk. Hal diatas merupakan cara yang baik untuk memasuki dunia fotografi model. karena perusahaan pakaian selalu menginginkan produk mereka tampak bagus dengan foto-foto yang kalian hasilkan. Seberapa kecilnya distro pakaian tersebut bukanlah menjadi masalah bagi Sobat untuk memulai, yang harus kalian pikirkan adalah, ini adalah tentang foto-foto yang akan Sobat hasilkan dan akan jadi referensi untuk distro-distro pakaian selanjutnya.

Langkah 3: Jadikan Portofolio dan Anda untuk mudah ditemukan

Setelah memiliki portofolio yang sekiranya bisa menjual dan Sobat telah bekerja sama dengan beberapa model serta desainer, segera kalian akan menyadari orang-orang akan menghampiri. Seperti semua yang terjadi di segala hal, ketika seseorang melihat bahwa teman atau rekan mereka memiliki sesuatu yang menarik, maka Dia juga menginginkannya. Ketika seseorang yang Sobat ajak kerjasama memasang foto tersebut di sosial media, maka teman-teman mereka di industri yang sama kemungkinan besar ingin juga bekerja sama dengan kalian juga. Pastikan juga orang-orang yang ingin bekerja sama dengan kalian bisa dengan mudah menemukan Sobat serta portofoliomu dengan menggunakan website, facebook, twitter, dan lain-lain.

Langkah 4: Jangan berhenti!

Sekarang Sobat telah memiliki portofolio yang bagus, model serta desainer yang ingin bekerja sama dengan kalian serta jaringan pertemanan di dalam industri yang sama. Dari sini kalian bisa memutuskan apakah akan bekerja sebagai freelance atau memasukkan portofoliomu ke agensi, desainer, studio, dan lainnya. Apapun langkah kalian, usahakannya tetap memotret. Portofolio yang stagnan pasti tidak menarik bagi siapapun juga, teruslah berkembang seiring dengan memperluas jaringan industri kalian.

SEMOGA SUKSES!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here