Memilih memory card yang tepat untuk kamera

Memilih memory card memang terkadang perihal yang nampak mudah, namun sebenarnya harus dipertimbangkan dengan baik lho. Banyak sekali jenis memory card yang beredar sekarang, ada SD, SDHC, SDHC, XQD, CF, Cfast 2.0, ditambah lagi berbagai macam istilah seperti UHS, Class 10, Extreme, Pro, dan berbagai macam istilah yang akan mengintimidasi bagi beberapa fotografer yang masih baru terjun ke dunia fotografi. Kelihatannya remeh, namun hingga saat ini memilih memory card yang tepat masih menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Di sini Infotografi akan membantu untuk mengenal memory card, dan akhirnya bisa memutuskan memory card yang tepat untuk penggunaan. Yuk ikuti pembahasan Infotografi kali ini!

Untuk mempermudah pembahasan, di sini Infotografi akan mengkategorikan pilihan memory sesuai dengan kebutuhan yang biasanya dimiliki oleh sebagian fotografer. Tapi perlu diingat, di sini untuk mempersempit pembahasan, kami akan menggunakan kamera standar yang memiliki slot memori SD, sehingga opsi penggunaan XQD, CF, dan Cfast 2.0 tidak akan masuk dalam pembahasan, hehe.

  1. pengguna foto casual
Memilih Memory Card
Fotografi casual yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan

dalam kategori ini, seorang fotografer kami umpamakan adalah seseorang yang memiliki DSLR bukan untuk profesi, melainkan sekedar untuk hobi atau untuk belajar untuk menjadi lebih profesional lagi. Untuk kategori ini, kami bisa merekomendasikan jenis memori SHDC standar, Class 4 maupun Class 6 sudah mencukupi untuk kebutuhan ini. SDHC 8GB Class 6 menurut Infotografi sudah mencukupi untuk kategori ini. Selain itu, dengan memilih memory card Class 6 maka budget yang dikeluarkan hanya akan berkisar 50rb rupiah saja. Lumayan bukan? Dengan kapasitas 8GB sudah mampu menyimpan hingga ribuan file JPG berukuran medium.

  1. Mediocre Videographer

Dalam kategori ini, kami merekomendasikan untuk memlih SDHC Class 10 dengan kapasitas 32GB. Untuk kategori ini kami merekomendasikan untuk memilih memory card dengan kapasitas yang besar, karena video memakan tempat yang lebih banyak dibandingkan ketika untuk penggunaan foto. Sebenarnya untuk beberapa jenis kamera, Class 6 saja sudah bisa, namun biasanya untuk kapasitas 32GB, rata-rata di pasaran adalah Class 10, jadi mau tidak mau opsi terbaik adalah SDHC Class 10 dengan kapasitas 32GB.

  1. Fotografer aksi

Kategori ini kecepatan adalah nomor satu. Setidaknya kalau dari Infotografi akan merekomendasikan kamu untuk memilih memory card dengan kecepatan setidaknya 95MB/s. Untuk apa sih memori yang cepat? Kami yakin untuk fotografer ini memerlukan kecepatan foto burst yang tinggi, sehingga apabila memori tidak cukup cepat untuk menyimpan buffer yang berjalan, maka akan menjadikan proses foto menjadi macet dan menyebalkan.

  1. Fotografer dengan uang tidak terbatas

Kategori ini hanya untuk bersenang-senang saja, namun menurut kami konfigurasi ini cenderung overkill. Namun apabila kamu mau, kamu bisa memiliki sebuah SDXC dengan kapasitas hingga 512 GB atau memori berkecapatan 300MB/s. Dengan semua kapasitas dan kecepatan tersebut, bisa kami jamin bahwa tidak ada aktivitas fotografi yang tidak bisa kamu lakukan. Mulai dari video ekstrim hingga kebutuhan fotografi marathon selama berminggu-minggu.

Memilih memory yang tepat bukan perkara yang mudah, namun rumus utamanya adalah kebutuhan + budget = pilihan tepat. Jadi kami sangat merekomendasikan kamu untuk mengenal kebutuhan fotografi kamu, dan memperhitungkan budget yang dimiliki untuk memastikan pembelianmu tidak akan merugikan hehe (kbp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here