Memanfaatkan Garis Dalam Fotografi

Komposisi Fotografi – Fotografi adalah tentang pengambilan keputusan, sama halnya dengan bagaimana kita menentukan komposisi sebuah foto. Ketika mempertimbangkan tentang komposisi dari sebuah gambar yang akan kita ambil, alangkah lebih baiknya jika kita memperhatikan atau mencari keberadaan garis. Keberadaan garis dalam fotografi bisa menjadi elemen yang sangat kuat, dengan sedikit latihan maka garis bisa menghadirkan dampak dinamis terhadap foto-foto yang kita ambil. Garis bisa membangkitkan mood dan menuntun serta memandu mata para penikmat foto.

 

Upstairs



Ada tiga tipe garis, yaitu ‘Horisontal’, ‘Vertikal’ serta ‘Diagonal’. Setiap garis tersebut memiliki efek tersendiri terhadap sebuah foto dan sebisa mungkin hadirkan garis-garis tersebut dalam frame foto kalian. Mempelajari bagaimana menggunakan garis dalam fotografi tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan membutuhkan waktu serta latihan agar bisa menempatkan garis-garis tersebut dengan benar.


Seperti yang pernah kami kemukakan dalam artikel-artikel sebelumnya, bahwa ketika kalian akan memotret tanyakan pada diri sendiri: Garis mana yang ada dihadapan kalian, dan bagaimana kalian bisa menggunakannya dalam foto kalian ketimbang berpikir bagaimana menghilangkan garis-garis tersebut. Tanyakan juga pada diri kalian apakah garis tersebut membentuk sebuah pola yang menarik, dan bisa digunakan sebagai Point of Interest?


Untuk lebih mendalami tentang garis dalam fotografi serta komposisi silahkan membaca artikel berikut dibawah:

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here