Kreatif Dengan White Balance

Tips Fotografi – Foto dibawah ini diambil saat senja.. yah sekitar pukul 5.30 WIB. Coba cermati lagi warna yang ada di dalam foto tersebut! lebih cenderung ke warna biru bukan? Seperti yang kita tahu senja hari memiliki karakter warna yang hangat dan keemasan, yup the golden hour 🙂 Pasti sobat sering berburu gambar di waktu-waktu seperti ini. Foto dibawah merupakan satu contoh bagaimana kita bisa bemain-main dan brekreasi menggunakan pengaturan white balance yang ada di kamera kita.
pengaturan white balance

Menurut kami ada Dua cara dalam menggunakan pengaturan white balance. yang pertama adalah penggunaan white balance yang “Benar”, dimana warna yang dihasilkan oleh pengaturan WB sama dengan pencahayaan saat memotret. Contoh: ketika Sobat memotret di tempat teduh atau naungan, pilih WB Shade agar foto tampak normal seperi kenyataannya.

Kedua adalah white balance “Kreatif”, yaitu dimana Sobat bebas memilih pengaturan white balance guna mendapatkan warna cahaya seperti yang kalian inginkan. Contoh: jika Sobat sedang memotret landscape saat fajar, dan menjumpai pemandangan yang rata, membosankan, coba rubah pengaturan white balance ke Tungsten, sekarang lihat hasil foto.. tampak biru bukan? 🙂

Tidak ada salahnya kan mencoba bermain-main white balance saat memotret 🙂 Memang bukan white balance yang akurat, Kita hanya mencoba lebih kreatif dalam menggunakan pengaturan WB dengan membuat hasil foto lebih hangat (cenderung kuning keemasan) atau lebih dingin (biru). Jika sobat merasa hasil foto landscape terlalu datar dan tidak memiliki “greget”, maka rubahlah white balance kalian!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here