Konversi Foto Hitam Putih di Kamera atau Komputer?

Tips Fotografi – Para produsen kamera digital sekarang ini sedang berlomba-lomba meningkatkan kemampuan fitur-fitur yang ada pada produk keluaran merak, termasuk menambahkan fitur editing gambar serta mode pengaturan agar para fotografer mampu melakukan apa yang biasa dilakukan di komputer hanya dengan menggunakan pengaturan kamera. Fitur – fitur itu seperti cropping gambar, tipe warna gambar atau filter, dan itu tentu saja termasuk konversi foto hitam putih serta Sephia.


konversi foto hitam putih


Pertanyaan yang muncul ketika memiliki fitur ini di dalam kamera kita adalah, apakah sebaiknya kita merubah foto Black and WHite atau Hitam Putih cukup di dalam kamera atau tetap menggunakan komputer? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami selalu menganjurkan untuk tetap memotret dengan warna serta meng-editnya kemudian.

Sebenarnya tidak ada masalah menggunakan mode hitam putih pada kamera digital, tetapi dengan demikian Sobat harus mengerahkan semua kreatifitas serta keputusan pada saat pemotretan. Hal ini berarti Sobat dengan menggunakan mode hitam putih pada kamera, Sobat tidak akan bisa mengkonversinya kembali ke foto bewarna.

Menggunakan pengaturan Hitam Putih atau BW pada kamera digital berarti Sobat kehilangan warna alami apa yang kalian potret, dan dilain sisi dengan memotret bewarna, kalian akan selalu bisa mengkonversinya dalam bentuk hitam putih dan tetapi menyimpan versi foto bewarnyanya. Sobat tidak akan kehilangan kualitas foto tersebut, dan tetap memiliki beberapa pilihan yang bisa digunakan.

Ada beberapa pendapat yang muncul dengan pendekatan diatas, dengan melakukan hal tersebut berarti Sobat akan membutuhkan lebih banyak waktu dengan mengedit foto-foto tersebut ke dalam foto Hitam Putih. Pendapat tersebut benar adanya, apalagi jika Sobat tidak menggunakan perangkat lunak editing gambar.
Dalam era fotografi digital sudah banyak perangkat lunak yang menawarkan kemudahan konversi foto dari warna ke Hitam Putih, bahkan hanya dengan Satu klik, dan lagi Perangkat lunak editing menawarkan fitur-fitur editing seperti Sharpening, Leveling dan lain-lain, jadi konversi Hitam Putih menggunakan perangkat lunak di komputer bukanlah hal yang menyulitkan serta merepotkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here