Kameraku Sahabat Terbaikku

Tips Fotografi – Jika Sobat sekarang hanya memperlakukan kamera kalian hanya sebatas alat, maka sekaranglah saatnya! Jangan hanya sekedar mengenal bagaimana mengoperasikan kamera tapi jauh lebih dari itu.. “bersahabatlah” denganya! bukankan kamera kalian adalah teman kalian untuk menciptakan karya – karya kalian?

Seorang fotografer ternama pernah mengatakan bahwa “Kalian harus mengenal luar dalam dan intuisi tersebut akan datang” Kalian cukup memegang kamera kalian dan otomatis merespon semua view yang ada didepan kalian.

jadikan ini sebuah Goal! Kenali dan pahami kamera kalian dengan baik sehingga Sobat hanya perlu menekankan pada visualisasi foto dan tak lagi direpotkan atau diperlambat dengan operasional kamera.

Untuk mencapai Goal diatas inilah yang perlu Sobat lakukan:

  • Pahami setiap tombol yang ada di kamera kalian! jika perlu buka kembali buku manual yang ada dalam kotak kardus saat Sobat membeli kamera.
  • Pastikan saat belajar bukan hanya buku atau artikel fotografi yang ada di depan kalian, tetapi juga kamera. learning by doing adalah cara paling cepat untuk belajar fotografi
  • Keluarlah dan banyaklah memotret
  • Ulangi dan terus ulangi langkah – langkah diatas saat memotret tentu Sobat akan menemui hambatan bukan saat latihan memotret.

Cobalah selalu menggunakan mode Manual saat memotret! memang akan terasa sulit tapi dengan pemahaman konsep exposure triangle tentunya kalian akan dapat menyatu dengan kamera dan menghasilkan visualisasi yang kalian inginkan.

Ketika┬ámemvisualisasikan sebuah gambar merupakan saat – saat yang paling mendasar dari fotografi, nah untuk mengaktualisasikan serta merekam gambar gunakan kamera kalian.

Kenapa harus mode manual? toh kita juga bisa dipermudah saat memotret dengan menggunakan mode otomatis maupun semi-otomatis? Untuk merekam apa yang telah Sobat visualisasikan Kalian perlu memiliki kendali atau kontrol penuh terhadap kamera yang kalian pegang!

So.. Selamat Mencoba! ­čÖé

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here